Tayang Perdana, The Interview Raup Rp12 Miliar

The Interview
Film The Interview

POJOKSATU – Film besutan Sony Pictures, The Interview, langsung meledak. Pada hari perdana penayangannya, 24 Desember 2014, film tersebut sudah mengantongi pendapatan hingga US$ 1 juta atau sekitar Rp12 miliar. Padahal film ini baru diputar di 300 bioskop independen di Amerika, belum merambah teater besar.

Kontroversi seputar film ini disebut-sebut sebagai daya tarik yang membuat masyarakat rela antre di bioskop. Film komedi ini menggambarkan sebuah misi untuk membunuh pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Korea Utara tidak terima dengan adanya film ini. Bahkan beberapa pekan lalu, pusat data Sony diretas. Biro Investigasi Amerika (FBI) menuding Korea Utara ada di balik tindakan tersebut.

Pendapatan film The Interview diprediksi bakal bersaing ketat dengan beberapa tontonan lainnya yang diluncurkan untuk mengisi libur Natal dan pergantian tahun, seperti Unbroken besutan Universal Studio, Into the Woods garapan Disney, dan The Hobbit: The Battle of The Five Army yang digawangi Line-MGM.

Sebagai perbandingan, Unbroken yang dibintangi Angelina Jolie sudah mengantongi US$ 15 juta dari 3.131 bioskop selama Natal. Kemudian, seri terakhir dari trilogi The Hobbit yang diputar di 3.875 bioskop meraup pendapatan US$ 12 juta pada malam Natal.


Sony diperkirakan mengeluarkan biaya hingga US$ 75 juta untuk memproduksi The Interview, US$ 44 juta untuk pembuatan film, dan sekitar US$ 30 juta untuk promosi. (one)