Drama King Suleiman Lecehkan Islam

Drama King Suleiman yang tayang di ANTV
Drama King Suleiman yang tayang di ANTV
Drama King Suleiman yang tayang di ANTV

POJOKSATU – Drama King Suleiman yang ditayangkan ANTV sejak Senin (22/12/2014) dinilai melecehkan pemimpin Islam. Dai kondang, Yusuf Mansyur juga memberikan penilain negatif terhadap drama tersebut. Bahkan, Yusuf Mansyur meminta ANTV segera menghentikan tayangan itu.

“Shalat sunnah hajat 2 rokaat, & doain spy penayangan film sultan sulaiman di antv sgr dicabut. saya utang budi sama antv. doain tuh ya,” tulis Yusuf Mansur di akun twitternya.

“Kita tunggu penjelasan panjang kali lebar dari jagoannya soal Sultan Sulaiman… yakni dari ust @felixsiauw. silahkan stadz. mangga…” kicau Yusuf Mansur.

Banyaknya penilain buruk dari masyarakat membuat Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bertindak cepat. KPI berjanji akan meninjau lebih jauh drama yang ditayangkan di ANTV itu. “KPI akan mengirimkan surat terusan dan rekaman tayangan King Suleiman ke MUI untuk meminta pandangan tentang konten yang diadukan yang sudah banyak beredar di media saat ini,” ujar koordinator bidang isi siaran, Sujarwanto Rahmat Arifin dalam laman resmi KPI Pusat.


Rahmat menjelaskan, dalam menindaklanjuti program acara ini, MUI akan berperan untuk memberikan pandangannya terhadap acara King Suleiman. Pandangan itu nantinya digunakan untuk melengkapi perspektif sehingga penilaian final akan menyeluruh.

Selain itu, mengingat acara King Suleiman baru tayang dua episode, KPI belum bisa memberi penilaian secara utuh. Meski begitu, KPI menyatakan akan terus mengefektifkan pemantauan terhadap tayangan tersebut dalam episode berikutnya.

Selain meminta bantuan MUI, KPI juga meminta agar ANTV lebih mengintensifkan penan sensor internal. Dengan adanya pemeriksaan yang lebih intensif sebelum tayang, kesalahan dalam tayangan bisa diminimalisasi. “Karena program yang bermuatan agama maupun etnis merupakan hal yang sangat sensitif di tengah masyarakat,” pungkasnya. (one)