5 Kota Tujuan Wisata Paling Ajaib

Guadix, Spanyol

POJOKSATU – Banyak wisatawan cenderung senang menyaksikan atraksi yang diciptakan manusia, seperti seni, arsitektur, makanan dan musik, sejarah, dan budaya. Tapi untuk kota tujuan wisata, sebagian besar wisatawan justru kota yang topografinya dibentuk oleh alam yang bentuknya mirip seperti buatan manusia.

Berikut ini 5 kota unik dan ajaib yang dibentuk oleh alam dan menjadi kota tujuan wisata di dunia:

1. Kandovan (Iran)

Desa Kandovan, Iran
Desa Kandovan, Iran

Desa Kandovan terletak di Provinsi Azarbaijan Timur, dekat dengan Osku dan Tabriz, Iran. Desa ini termasuk salah satu situs sejarah dunia. Desa ini begitu unik. Bangunan-bangunan rumahnya tebentuk dari batu yang memiliki bentuk lonjong. Bangunan di kampung ini sudah ada sejak abad ke-13, sehingga usianya sudah lebih dari 700 tahun. Bentuk-bentuknya yang fenomenal dan mempesona membuat tempat ini menjadi tujuan wisata.


Kubah-kubah batu ini dulunya merupakan hasil dari letusan gunung berapi Sahand 11.000 tahun yang lalu. Gunung ini letaknya tidak jauh dari Desa Kandovan. Sampai sekarang gunung ini masih aktif.

Rumah-rumah batu Kandovan sampai sekarang masih ditempati. Jaman dulu goa-goa ini digunakan oleh bangsa Mongol ketika menginvasi Negara Iran. Sebagian orang Mongol menetap di Kandovan dan beranak pinak hingga sekarang.

2. Danau Titicaca (Peru)

Danau Titicaca (Peru)
Danau Titicaca (Peru)

Pulau pada umumnya terbentuk dari tanah, pasir, dan bebatuan. Tapi, pulau Uros di danau perbatasan Peru dan Bolivia berbeda. Pulau buatan manusia ini hanya memakai rumput alang-alang. Uros merupakan pulau buatan yang terbuat dari susunan Totora, sejenis alang-alang dan mengambang di atas danau ini. Meski terbuat dari tanaman, pulau ini tetap mengapung di atas Danau Titicaca.

Danau Titicaca yang berada di Pegunungan Andes merupakan danau tertinggi di dunia dan terluas di Amerika Selatan. Berada pada ketinggian 3.821 mdpl dan luas 8.300 kilometer persegi, danau ini memiliki suhu yang dingin sekitar 10-14 derajat celcius. Di atas Danau Titicaca ini, mengapung sekitar 44 pulau. Setiap pulau ini juga disebut sebagai Desa Uros karena memang hanya memuat satu desa.

3. Stockholm (Swedia)

Stockholm, Swedia
Stockholm, Swedia

Banyak wisatawan yang pernah mendengar atraksi Stockholm. Tapi hanya sedikit yang tahu bahwa Stockholm adalah Ibukota Swedia yang didirikan pada tahun 1252. Biaya hidup di Kota Stockholm diklaim sebagai tertinggi pertama di dunia, mengalahkan kota-kota besar di Amerika Serikat dan Jepang.

Oleh sebab itu, bila Anda merencanakan berlibur ke tempat wisata di Swedia, maka persiapkan dana yang cukup banyak. Seperti kota-kota tua di Eropa lainnya, Stockholm merupakan perpaduan beberapa gaya. Nuansa kuno dan modern dapat Anda temukan dalam satu lokasi yang sama. Daya tarik inilah yang diusung oleh pemerintah setempat dalam memajukan iklim pariwisata Stockholm.

4. Nordlingen (Jerman)

Nordlingen, Jerman
Nordlingen, Jerman

Dilihat dari udara, Kota Nordlingen bentuknya bulat. Jalanan kota dari pusat lingkaran memanjang ke bagian terluar kota yang bulat itu. Kota berpenduduk 20 ribu jiwa ini rupanya dibangun di dalam kawah dengan diameter 25 km.

Warga dulu percaya ini bekas kawah vulkanik, walaupun bukan di pegunungan yang tinggi. Namun penelitian pada tahun 1960-an menemukan fakta mengejutkan. Nordlingen adalah bekas kawah tumbukan meteor yang terjadi 14,5 juta tahun silam.

5. Guadix (Spanyol)

Guadix, Spanyol
Guadix, Spanyol

Tak kalah dengan Kandovan di Iran, Spanyol punya Kota Guadix, 50 Km dari Granada. Ini adalah kota dalam gua di Pegunungan Sierra Nevada. Mungkin bedanya dengan kota gua yang ada di Turki adalah, di Guadix kawasan pemukiman ini dibangung sistematis di bawah tanah.

Ada labirin berisi 2.000 rumah yang dibangun sejak abad ke-16 oleh orang-orang Muslim Moor ketika berperang dengan kristiani Spanyol. Kota ini sekarang dilengkapi pipa air, listrik dan bahkan internet. Ketika musim panas menyengat dengan suhu 40 derajat Celcius, suhu di Kota Guadix tetap stabil di 20 derajat Celcius. (one/DailyMail)