Melongok Hari Ibu di 13 Negara

menyusui/ASI
ilustrasi

Ibu-Menyusui

Senin, 22 Desember 2014, ini menjadi hari paling istimewa untuk ibu dan keluarga yang menaruh hormat untuk ibu. Ini terlihat dari berbagai media sosial yang mengucapkan Hari Ibu.

Indonesia memiliki Hari Ibu sejak 1928. Pada tahun tersebut, para perempuan berkumpul dalam Kongres Perempuan Indonesia pertama dan menyatakan kebulatan tekadnya untuk memajukan kaum perempuan.

Lantas seperti apa peringatan Hari Ibu di berbagai dunia? Inilah cerita di 13 negara yang memeringati Hari Ibu seperti yang dirangkum www.pojoksatu.id dari Time dan Usa Today.
1. Jepang


Negara yang dikenal dengan kuliner ramen Sapporo-nya ini memiliki sebutan lain untuk memperingati Hari Ibu yaitu “Hana no hi”. Biasanya di Jepang perayaan Hari Ibu jatuh setiap minggu kedua di bulan Mei. Perayaan tesebut pun sama dengan beberapa negara lain seperti Malaysia, Taiwan, Hongkong, Australia, Kanada, Jerman, Italia dan negara lainnya.

Tak berbeda dengan Indonesia, dalam merayakan Hari Ibu masyarakat di Jepang biasanya memberikan hadiah berupa kartu ucapan, cokelat, bunga dan handicraft.

2. Timur Tengah

Hari Ibu di negara ini biasanya berlangsung setiap 21 Maret tiap tahunnya, diikuti pula di negara Arab lainnya. Yang pertama kali mencanangkan Hari Ibu di Timur Tengah adalah seorang jurnalis Mesir bernama Mustafa Amin pada 21 Maret 1956.

Berawal dari cerita seorang single parent yang berhasil membesarkan anaknya hingga menjadi seorang dokter. Naasnya, setelah sukses sang anak malah meninggalkan ibunya tanpa rasa terima kasih. Dari situlah Mustafa merasa perlu adanya peringatan Hari Ibu di negaranya.

3. Spanyol

Masyarakat di negara yang dikelilingi dengan arsitektur klasiknya ini biasanya merayakan Hari Ibu pada 8 Desember. Dalam memperingati Hari Ibu, masyakat disini selalu memberikan ucapan dalam sebuah kartu istimewa dan hadiah hasil buatan sendiri. Kreatif bukan?

4. India

Masyarakat India yang didominasi menganut agama Hindu ini biasanya merayakn Hari Ibu pada bulan Oktober yang bertepatan pula dengan Festival Durga Puja.

Durga sendiri merupakan Dewa yang dipercaya akan melindungi umat Hindu dari kejahatan dan juga dikenal sebagai ibu Jagad Raya. Dalam perayaannya biasanya para ibu di negara ini mendapat undangan khusus untuk menikmati makan bersama.

5. Yunani

Masyarakat di negara Yunani saat musim semi biasanya merayakan Hari Ibu. Uniknya, masyarakat di negara ini akan memberikan berbagai macam hadiah yang terbuat dari madu seperti bungan, makanan dan minuman.

Hadiah tersebut nantinya akan diberikan untuk Rhea atau ibu dari segala Dewa. Persembahan itu akan diberikan ketika fajar mulai terbit.

Peringatan Hari Ibu merupakan salah satu bentuk ucapan terimakasih dari anak untuk seorang ibu yang telah melahirkan, membesarkannya dan mendidik secara baik. Walaupun peringatan Hari Ibu berbeda-beda tanggal perayaannya di setiap negara tetapi bagi para anak di dunia setiap hari bagi mereka merupakan Hari Ibu.

6. Prancis

Di Prancis, Hari Ibu atau ‘Fetes des meres’ ditetapkan mulai tahun 1950 setiap hari minggu ke-4 di bulan Mei. Seperti di Amerika Serikat, Hari Ibu dirayakan di Prancis dengan mengirimkan kartu ucapan dan bunga serta makan malam bersama keluarga.

7. Tiongkok

Hari Ibu di Tiongkok dirayakan setiap hari Minggu ke-2 di bulan Mei. Di Tiongkok, Hari Ibu dirayakan dengan berbagai festival dan pemberian kado.

8. Inggris

‘Minggu Ibu’ atau Mothering Sunday ternyata sudah dirayakan di Inggris sejak awal abad ke-16. Pada waktu itu, keluarga-keluarga di Inggris merakayan Mothering Sunday dengan pergi ke gereja. Tradisi itu mulai berubah sejak awal abad ke-20 dimana Mothering Sunday berubah menjadi sebuah tradisi menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah.

9. Meksiko

Di Meksiko, Hari Ibu dirayakan dengan sangat serius. Selain dengan bunga, Hari Ibu juga dirayakan dengan pertunjukan musik, makanan dan perayaan-perayaan dan seringkali dengan lagu ‘Las Mananitas’ yang terkenal di sana. Dengan begitu, tidak heran kalau Hari Ibu menjadi hari tersibuk dalam setahun bagi seluruh restoran di Meksiko.

10. India

Hari Ibu merupakan fenomena yang cukup baru di India. Setiap hari minggu kedua di bulan Mei, para Ibu di India dihadiahi bunga-bunga, kartu ucapan dan berbagai hadiah oleh keluarganya.

11. Rusia

Di Rusia, Hari Ibu dirayakan bersamaan dengan Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap tanggal 8 Maret. Perayaan ini didedikasikan untuk menghormati perempuan dan merefleksikan tujuan dari kesetaraan gender. Pada tahun 1998, pemerintahan Rusia pasca Uni Soviet memperkenalkan Hari Ibu pada hari Minggu terakhir di bulan November, tapi kebanyakan orang Rusia tetap merayakan Hari Ibu di bulan Maret.

12. Mesir

Setiap tanggal 21 Maret, Mesir dan beberapa negara di dunia Arab lainnya merayakan Hari Ibu dengan memberikan kado dan mengadakan perayaan.

13. Thailand

Hari Ibu dirayakan di Thailand setiap tanggal 12 Agustus, bersamaan dengan hari lahir Ratu Sirikit. Berbagai upacara dan parade mewarnai peringatan Hari Ibu di Thailand dengan bunga melati sebagai ciri khasnya.