Inilah Ratu Sejagad 2014

Rolene Strauss
Rolene Strauss

POJOKSATU – Warga Afrika Selatan patut bangga. Jagoan mereka yang berkompetisi di ajang Miss World 2014 berhasil memenangkan gelar ‘ratu sejagad’ yang diumumkan di London, Inggris, Minggu (14/12/2014). Ya, Miss Afrika Selatan, Rolene Strauss, dinobatkan sebagai pemenang kompetisi tahunan ke-64, yang diperebutkan oleh perempuan dari 121 negara.

Penobatan dara 22 tahun itu disaksikan miliaran pemirsa yang menyaksikan kontes mewah itu di seluruh dunia. Runner-up Miss World jatuh ke tangan Miss Hungaria, Edina Kulcsar, sementara posisi ketiga direbut Elizabeth Safrit dari Amerika Serikat.

Strauss yang juga seorang mahasiswi kedokteran menggenggam kedua tangannya, kaget, ketika namanya disebutkan sebagai pemenang oleh Miss World, Megan Young dari Filipina.

“Afrika Selatan, ini untuk Anda,” kata Strauss. “Saya mempersiapkan diri untuk menjalani apa yang akan terjadi. Ini adalah sebuah tanggung jawab besar,” imbuhnya.


Wanita berambut kecokelatan itu mengatakan kepada AFP, ingin membantu pendidikan di Tanah Airnya.

“Saya apa yang saya dapatkan hari ini berkat kesempatan yang saya peroleh. Saya senang memberikan orang lain kesempatan yang sama, kesempatan untuk dididik, dan mendidik, untuk membuat pilihan yang sehat dan juga untuk menghidupkan impian mereka,” beber Strauss.

Gelaran acara tahunan ini sempat diguncang kasus pembunuhan Miss Honduras, Maria Jose Alvarado (19). Dia ditembak mati bersama kakaknya, bulan lalu.

Polisi Honduras menuduh pacar kakaknya menembak mereka setelah melihatnya menari dengan pria lain di sebuah pesta. (one)