Tips Aman Bercinta Supaya Tidak Hamil

seks, pengantin baru, bercinta
ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU – Mempunyai anak merupakan anugerah terindah dari yang maha kuasa. Namun, banyak pasangan suami istri menunda kehamilan karena alasan sibuk kerja dan belum siap punya momongan. Selain itu, ada juga yang tidak mau hamil lagi karena sudah memiliki banyak anak.

Bagi Anda pasangan suami istri yang berada pada situasi dan kondisi seperti di atas, tidak perlu khawatir. Selain bisa menggunakan alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan, Anda juga bisa melakukan cara alami. (one)

Berikut ini cara alami mencegah kehamilan tanpa menggunakan alat kontrasepsi:

1. Ketahui masa subur
Masa subur perempuan adalah satu minggu sesudah haid dan satu minggu sebelum haid. Untuk menghindari kehamilan, sebaiknya Anda tidak melakukan hubungan seksual pada masa subur. Anda bisa melakukanya pada waktu yang tepat, yakni satu minggu sesudah haid dan satu minggu sebelum haid.


2. Buang sperma di luar
Jangan mengeluarkan sperma di dalam vagina. Jika Anda mengeluarkan sperma di luar, maka kemungkinan untuk hamil jadi tipis. Tapi tingkat keberhasilannya juga tidak bisa dijamin 100 persen, karena terkadang setes sperme tetap tinggal di vagina istri tanpa dirasakan suami.

3. Hindari orgasme bersamaan
Anda harus berkomunikasi dengan pasangan Anda saat berhubungan seksual. Berikan kesempatan kepada istri Anda untuk orgasme lebih dulu. Atur ritmenya agar jarak orgasme antara Anda dan pasangan tidak datang bersamaan. Sebab, jika Anda dan pasangan orgasme dalam waktu bersamaan, maka kemungkinan hamil akan sangat besar.

4. Jangan diam di tempat tidur
Setelah melakukan hubungan sex, si istri jangan berbaring atau istirahat di tempat tidur. Cobalah langsug berdiri kurang lebih 10 menit agar sisa sperma di dalam vagina bisa keluar. Ini juga untuk menghindari bertemunya sel telur suami dengan sel telur istri, walaupun sperma dikeluarkan di luar vagina.