Alinka Hardianti, Doyan Gonta-ganti

Alinka Hardianti
Alinka Hardianti

POJOKSATU – Sebagai pembalap mobil, Alinka Hardianti lebih dekat dengan kendaraannya, baik itu dalam aktivitas sehari-hari maupun saat balapan.

Namun, Alinka juga doyan gonta-ganti mobil. Sejak 2006, tidak terhitung jumlah mobil yang mampir dalam garasi gadis manis kelahiran 21 Juni 1992 tersebut.

Bahkan, ketika ditanya, Inka –sapaan akrabnya– sampai tidak hafal jumlah mobil yang pernah dia pakai. Inka hanya ingat sudah lebih dari 10 kali ganti mobil.

Dari pengalamannya gonta-ganti mobil itu, ada satu sisi yang dapat diambil, terutama untuk mendukung skill balapannya.


’’Dengan bergonta-ganti mobil, mungkin saya bisa jadi lebih mengetahui karakter tiap-tiap tipe mobil yang berbeda,’’ ujar Inka kepada Jawa Pos di Jakarta.

Yang lebih sering dia pakai untuk gonta-ganti itu, ungkap Inka, adalah mobil untuk balapan. Meski, hanya dari satu pabrikan yang kebetulan menaungi pembalap juara nasional slalom itu beberapa tahun terakhir.

Ada pengalaman yang membuatnya bisa menyadari manfaat dari gonta-ganti mobil tersebut.

’’Kalau efek langsung tidak begitu terasa saat balapan. Bedanya, begitu diminta menggunakan jenis mobil berbeda, performa saya tetap bagus. Saya tidak tahu dari sisi saya sendiri atau si mobilnya,’’ tuturnya. (ren/c17/sof)