Cara Mudah Cegah Flu

flu, hidung tersumbat
Ilustrasi
Flu bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita segala usia
Flu bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita segala usia

POJOKSATU – Pilek atau flu bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita segala usia. Hal ini tidak lain karena pilek merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dan bisa menyerang siapa saja. Biasanya, kasus penyakit pilek banyak ditemui saat musim pancaroba.

Penyakit ini akan menyerang siapa saja yang memiliki daya tahan tubuh yang tengah menurun. Virus atau bakteri akan sangat mudah masuk dan menyerang tubuh. Saat pilek menyerang membuat orang terganggu aktivitasnya. Orang akan cenderung ingin tidur, lemas, pusing dan mungkin ada gejala lainnya.

Berdasarkan perkiraan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mampu mencegah sekitar 16 persen infeksi pernafasan dan sebagian besar penyakit yang datang dari makanan.

Saat mencuci tangan, disarankan untuk menggosok tangan dengan sabun setidaknya 20 detik meliputi telapak tangan, sela-sela jari dan punggung tangan. Setelah itu bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan handuk atau tissue bersih.


“Menggunakan pembersih tangan, secara teratur mencuci tangan, dan menghindari orang-orang yang sakit adalah cara terbaik untuk mencegah terhadap pilek. Tapi, apa pun, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, juga akan membuat Anda lebih cenderung menjadi sakit,” kata spesialis penyakit menular, Chai Wang, MD, seperti dilansir laman Yahoo Health, Senin (8/12).

Berikut beberapa cara mudah mencegah penyakit pilek yang bisa dilakukan:

1. Konsumsi Probiotik

Bakteri menguntungkan dalam usus berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

2. Minum anggur di moderasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dapat melindungi terhadap flu biasa, terutama anggur merah yang mengandung antioksidan.

“Antioksidan membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan juga antioksidan membantu menyingkirkan radikal bebas yang merusak kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk bekerja secara optimal,” kata Wang.

3. Berolahraga secara teratur

Manfaat olahraga telah dikenal luas. Dengan berolahraga peredaran darah lebih lancar. Berolahraga juga mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sehingga lebih tahan menghadapi infeksi. Olahraga yang paling tepat untuk mencegah penyakit adalah melakukan olahraga ringan saja tidak perlu melakukan olahraga berat yang justru menguras tenaga.

4. Konsumsi suplemen zat besi

Mengkonsumsi suplemen zinc untuk selama 5 bulan mampu mengurangi serangan flu biasa. Suplemen zat besi juga mampu meringankan gejala flu.(fny/jpnn)