Gara-Gara Kacang, Penerbangan Korean Air Ditunda

Cho Hyun-ah. Foto: istimewa
Cho Hyun-ah. Foto: istimewa
Cho Hyun-ah. Foto: istimewa

POJOKSATU – Salah seorang petinggi maskapai Korean Air, Cho Hyun-ah sedang diselidiki Kementerian Perhubungan Korea Selatan, setelah diduga kuat menghentikan pesawat dan menyebabkan penundaan penerbangan dari New York ke Incheon, Jumat (5/12) waktu setempat.

Usut punya usut, gara-garanya ternyata hanya karena kacang…

Cho yang juga anak dari Direktur Korean Air, Cho Yang-ho meminta seorang pramugari turun karena di atas pesawat Korean Air yang dia tumpangi itu tidak tersedia kacang sebagai makanan ringan untuk para penumpang.

Dilansir dari The Guardian, Senin (8/12), Cho ini dilaporkan meminta kapten memutar pesawat kembali ke gate, dan bersikukuh agar pramugari turun mengambil stok kacang. Penerbangan pun tertunda.


Pemerintah Korea ingin mengetahui apakah tindakan Cho melanggar undang-undang penerbangan. Cho sendiri berdalih, aksinya itu merupakan bagian dari pengecekan kualitas layanan maskapainya di dalam penerbangan.

Ia juga mengklaim mendapat restu dari pilot dan kepala pramugari. Namun pemerintah Korea Selatan membalas, status Cho saat itu hanya sebagai penumpang kebanyakan, bukan sebagai eksekutif perusahaan.

Aksi Cho yang juga punya nama Inggris, Heather itu mengakibatkan kedatangan penerbangan KE086 di bandara Incheon, otomatis tertunda.

“Meski ia menduduki jabatan wakil presiden perusahaan, ia adalah penumpang (kebanyakan) ketika itu. Ia mestinya diperlakukan sama seperti para penumpang lain,” ujar salah seorang pejabat di Kementerian Perhubungan. (adk/jpnn)