Kisah Mistis Suanggi Akan Diangkat ke Layar Lebar

PUTRA Tidore Produksi akan mengangkat cerita melegenda dari Indonesia Timur ke layar lebar. Suanggi, kisah ilmu hitam yang populer itu bakal digarap menjadi film mistis, diproduseri oleh Ade Muhamad Nur.

Film tersebut nantinya berjudul sama dengan nama sebenarnya, Suanggi. “Itu kisah nyata yang sering terjadi dan dialami masyarakat di Indonesia Timur. Hingga kini, Suanggi masih dipercaya keberadaannya,” ujar Ade dalam surat elektronik yang diterima redaksi, Rabu (3/12).

Ade menjelaskan, untuk mendapatkan ‘roh’ dari kisah ini, dia ingin semua bisa menyerupai aslinya. Oleh sebab itu, agar visual lebih ‘mengena’, pria yang pernah menggarap sinetron Nyong Mutiara Hitam ini memilih lokasi syuting di Indonesia Timur. “Syuting Suanggi di dua lokasi, delapan puluh persen di Tidore, Maluku Utara, sisanya di Jakarta,” katanya.

Film Suanggi akan berkutat tentang balas dendam pria miskin pada keluarga kaya yang pernah menyakiti hatinya. Dengan ilmu hitam Suanggi, satu persatu keluarga kaya itu dihabisi.


Ilmu hitam Suanggi yang dipelajari tersebut, mirip dengan ilmu santet yang ada di Jawa.  “Ritualnya beda. Ini yang membuat kami tertarik mengangkatnya ke layar lebar,” tandas Ade.

Meskipun Suanggi berlatarbelakang menyeramkan, namun Ade akan mengemasnya dalam bentuk yang berbeda. “Masih tetap kita tonjolkan unsur drama dan actionnya juga. Jadi tidak semata-mata menyuguhkan mistis atau horornya,” sambung pria kelahiran Tidore, Maluku Utara ini.

Menurut rencana, syuting Suanggi akan berguli mulai akhir tahun ini. Siapa saja artisnya? Untuk yang satu ini, Ade masih berteka teki alias masih belum mau membocorkan rahasia dapurnya.

“Kita tunggu saja, karena film ini menyangkut tradisi masyarakat Indonesia Timur, kita tak mau sembarangan merekrut bintangnya,” beber pria yang juga Ketua Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM) Jakarta Timur ini. (adk/jpnn)