Tahun 2018, Angkasa Pura II Incar 5 Bintang dari Skytrax

Tahun 2018, Angkasa Pura II Incar 5 Bintang dari Skytrax.
Tahun 2018, Angkasa Pura II Incar 5 Bintang dari Skytrax.

“Tampilannya juga harus atraktif. Inilah yang kita sempurnakan untuk airport website,” ujar Tommy.


Sentuhan penyempurnaan juga dilakukan untuk Ground Transpartion, Directional Signage & Parking Services.

Ia mengatakan, AP II akan memastikan ke depannya bahwa sarana transportasi menuju pusat kota juga harus jelas bagi penumpang pesawat dan pengguna bandara.

Semuanya nanti akan menyesuaikan dengan standardisasi yang ada.


Misalnya bus yang digunakan minimal produksi tahun berapa, kemudian juga harus ada seat number.

“Ini diperlukan satu visi yang kuat bersama stakeholder. Jadi semua bus yang masuk ke bandara harus ada standar. Tidak boleh kotor, juga harus on time,” ujarnya.

Hal ini juga diperkuat dengan sky train, bus antarterminal, golfcar penumpang juga lainnya.

“Informasi available parking yang belum standar juga kita buat standard. Parkir kendaraan juga sudah dibuat digital, termasuk fasilitas untuk disable parking dan ladies parking,” kata Tommy.

Kemudian juga fasilitas di dalam bandara. Bahwa terminal sitting tidak hanya sekadar kursi, tapi harus ada charging station di bawah kursi.

“Terminal decoration juga diperhatikan. Jadi artinya bandara harus bisa memberikan first impression yang baik bagi seluruhnya. Termasuk wisatawan,” ujarnya.

Yang tidak kalah penting juga adalah keberadaan toilet. AP II akan mengubah total dengan fasilitas-fasilitas seperti baby changing, toilet disable, bersih dan kering. Benar-benar sesuatu yang standar global.

“Di terminal 3 bandara Soekarno Hatta sendiri kita juga menambahkan fasilitas shower room. Baik di keberangkatan domestik dan internasional,” paparnya.

Secara total, ujar Tommy, AP II melakukan penyempurnaan untuk 22 kategori yang diterapkan oleh Skytrax. 22 Kategori tersebut meliputi Airport Website, Ground Transportation, Directional Signage & Parking Services, Arrival and Terminal Transfer, Terminal Seating, Terminal Decor/Ambiance, Terminal Flooring juga Toilet/Washroom Facilities.

Selanjutnya adakah Smoking Policy/Smoking Areas, Business/Internet/Banking, Passenger/Flight Information, Security Screening & Customs/Immigration, Airport Customer Service & Tourist Service Assistance, Food & Beverages, Retail Facilities, Passenger Transist Systems, Terminal Hotel, Baggage Carts/Bag Trolleys serta Leisure Facilties, Disabled Passenger Facilites, Self-Service Options and Prayer Rooms.