BNPB: Secara Keseluruhan Bali Aman, Silakan yang Ingin Berwisata


POJOKSATU.id,KARANGASEM – Rasanya rugi deh bila tidak datang ke Bali. Begitu banyak destinasi bagus yang bisa dikunjungi di ujung tahun. Nggak usah terus-terusan galau dengan berita erupsi Gunung Agung.

BNPB sudah menyatakan obyek wisata di Bali aman. Tanah Lot, Sanur, Pantai Pandawa, Gunung Batur, Ubud, Pantai Kuta, Pantai Padang-Padang, Lovina, Dream Land hingga Nusa Dua, semua masih aman untuk dikunjungi sekarang ini.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hingga Jumat (8/12), Gunung Agung memang masih berada di fase erupsi. Tapi, erupsi adalah fluktuasi dan merupakan hal yang biasa terjadi di dalam pergerakan magma di dalam tubuh Gunung Agung.


Pada Jumat (8/12) pagi misalnya. Erupsi kembali terjadi dengan asap berwarna kelabu tebal. Tekanannya sedang dengan ketinggian sekitar 2.100 meter di atas puncak dengan condong ke arah barat. Erupsi disertai dengan abu vulkanik. “Erupsi hanya sesaat, tidak menerus,” kata Sutopo, Jumat (8/12).

Volume abu vulkanik yang keluar dari kawah masih sangat sedikit. Dan hujan abu tipis hanya di sekitar di desa di lereng Gunung Agung, seperti di Dusun Dukuh Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem.

Arah angin dominan ke arah tenggara. Tidak ada dampak terhadap aktivitas penerbangan dari erupsi tersebut. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Internasional Lombok tetap beroperasi dengan normal.

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Secara keseluruhan Bali tetap aman selama angin tidak berhembus ke selatan. Silakan bagi masyarakat yang akan berkunjung atau berwisata ke Bali,” ujar Sutopo.