Wisata Sambil Belajar di Baron Techno Park Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki destinasi buatan andalan di Gunung Kidul. Baron Techno Park bisa menjadi alternatif wsiata. Selain refreshing, pengunjung bisa belajar tentang sumber daya energi baru. (sumber foto : yopiknik.com)
Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki destinasi buatan andalan di Gunung Kidul. Baron Techno Park bisa menjadi alternatif wsiata. Selain refreshing, pengunjung bisa belajar tentang sumber daya energi baru. (sumber foto : yopiknik.com)


POJOKSATU.id, Yogjakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki destinasi buatan andalan di Gunung Kidul. Baron Techno Park bisa menjadi alternatif wsiata. Selain refreshing, pengunjung bisa belajar tentang sumber daya energi baru.

Demi mempopulerkan destinasi ini, BPPT berkerja sama dengan Kementerian Pariwisata membuat Festival Baron 2017.


Festival ini sebagai bentuk upaya diseminasi hasil inovasi teknologi berbasis energi baru terbarukan. (EBT).

Even ini berlangsung di kawasan Baron Techno Park, Gunung kidul, Yogyakarta, menampilkan karya inovasi dari siswa/siswi SMU/SMK se-Gunung Kidul pada tanggal 9 Desember 2017.

Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM), Hammam Riza menjelaskan, event ini jawaban dari animo masyarakat Indonesia, terutama Jawa Tengah dan sekitar tentang wisata edukasi.

“Karena itu, kami menghelat Baron Techno Park, sekaligus untuk mengedukasi khalayak tentang tujuan dan Manfaat Baron Techno Park kepada masyarakat,” ujar Riza.

Pantai Baron salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Gunungkidul. Ide Baron Techno Park datang dari BPPT Badang Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Baron Techno Park merupakan role-model wisata edukasi energi baru terbarukan (EBT).

Baron Techno Park berdiri dengan bantuan dana hibah NORAD dari Norwegia pada 2009 di Pantai Parang Racuk (sebelah barat Pantai Baron). Mengunjungi Baron Techno Park, pengunjung bisa mempelajari cara mendapatkan energi baru seperi dari angin, tumbuh- tumbuhan dan sinar matahari.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak wisatawan mancanegara mencoba pengalaman baru  berkunjung ke Baron Techno Park.

Orang nomor satu di Kemenpar ini berani menjamin, pengunjung bakal mendapat pengetahuan baru di samping bisa menikmati beragam wisata di Gunung Kidul.

“Konten acara ini sangat menarik, mengajak pengunjung mengenal dan membuat teknologi menjadi berwarna sambil menikmati keindahan panorama Baron Techno Park serta kebudayaan asli Jawa Tengah,” ajak Arief.