Berkah Sail Sabang 2017 Mengalir Sampai Jauh

Berkah Sail Sabang 2017 Mengalir Sampai Jauh.
Berkah Sail Sabang 2017 Mengalir Sampai Jauh.

Sementara Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya, Wawan Gunawan, mengatakan kuliner yang merupakan bagian dari budaya daerah memang melekat dengan pariwisata.


“Setiap wilayah punya kekhasan sendiri, termasuk kulinernya. Rasanya belum lengkap jika datang ke sebuah daerah tanpa menikmati kuliner khas daerah tersebut,” ujar Wawan.

Yang lebih penting lagi, berkhanya langsung terasa sampai ke masyarakat. Semuanya happy. Semuanya sumringah.


“Senang kita. Tamu ramai dan penghasilan juga ramai. Tak pernah sepi kedai ini bang,” ujar Hasan, penjaga kedai de Sagoe Kuphie.

Hal senada juga disampaikan Dian, driver travel. Sudah dua hari ini dia disewa untuk mengantarkan tamu di kota kelahirannya.

“Kita bawa tamu dari Jakarta. Mereka mau lihat Sail Sabang. Alhamdulillah ramai order dengan adanya Sail Sabang ini,” ujar bapak satu anak ini.

Sail Sabang yang digaungkan Kementerian Pariwisata itu juga sukses membuat Pulau Weh menggeliat.

Keindahan alam Pulau Weh dan berbagai acara yang disuguhkan, membuat wisatawan yang datang tak ragu melayangkan dua jempol.

“Kemarin keluarga sudah lihat itu kapal Dewa Ruci merapat di Pelabuhan CT 3. Anak saya yang usianya 6 tahun suka sekali. Apalagi ada atraksi drumband dari TNI,” ujar Badrun yang menginap di homestay di kawasan Jalan Senopati Sabang.

Beragam fakta tadi membuat Menpar Arief Yahya makin bersemangat. Pesannya hanya satu.

Dia ingin, Sail Sabang 2017 tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan, tetapi juga sukses dalam tindak lanjutnya.

“Sail Sabang 2017 tidak hanya sukses di penyelenggaraannya. Itu juga harus sukses di tindak lanjutnya,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.