Kemilau Sumatera 2017 Bikin Tren Berwisata Makin Tinggi

Berwisata sudah menjadi bagian dari tren yang terus berkembang di masyarakat. Salah satunya karena gelaran "Kemilau Sumatera 2017". (FOTO : net)
Berwisata sudah menjadi bagian dari tren yang terus berkembang di masyarakat. Salah satunya karena gelaran "Kemilau Sumatera 2017". (FOTO : net)

POJOKSATU.id, Batam – Promosi yang gencar dilakukan Kementerian Pariwisata membuat destinasi-destinasi di berbagai penjuru tanah air kian diburu. Berwisata pun sudah menjadi bagian dari tren yang terus berkembang di masyarakat. Salah satunya karena gelaran “Kemilau Sumatera 2017”.

Berangkat dari hal tersebut, dan guna meningkatkan tingkat perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman), Kementerian Pariwisata (kemenpar) bekerja sama dengan Inke Maris & Associates menyelenggarakan kegiatan “Kemilau Sumatera 2017” dengan tema Pesona Sumatera Pulau Emas yang berlangsung selama dua hari, Jumat (27/10) hingga Sabtu (28/10) esok di  Atrium Kepri Mall, Kota Batam.

“Kemilau Sumatera 2017″ merupakan pameran promosi wisata yang diikuti para biro perjalanan wisata yang menawarkan beragam paket wisata, cenderamata dan lainnya. Dalam kegiatan ini juga dilakukan Travel Agency Meeting dan Table Top Meeting antara Biro Perjalanan Wisata dari propinsi dan kabupaten, yang merupakan ajang untuk bertukar informasi dan ajang bisnis antar BPW.


Guna semakin menambah kemeriahan acara, Kementerian Pariwisata juga menghadirkan penampilan artis Budi Doremi.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti  mengatakan, kegiatan tahunan ini merupakan bentuk dukungan, khususnya dalam menggarap pasar wisatawan nusantara dan juga dalam mendukung Pesona Indonesia. Yakni untuk mencapai target 275 juta perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) dan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019.

“Tujuan diadakannya kegiatan Kilau Sumatera adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara agar antarkabupaten/kota, antar provinsi dan antar pulau, meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan wisata di dalam negeri dan juga siap dalam menyambut wisatawan. Jadi tren berwisata terus terjangkit ke masyarakat,” ujar Esthy didampingi Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya, Wawan Gunawan.

Melalui kegiatan ini pula diharapkan dapat meningkatkan citra positif Indonesia sebagai daerah tujuan wisata.

“Sehingga jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi meningkat dan dampaknya bisa langsung dirasakan masyarakat, terutama di daerah Sumatera,” kata dia.