Realisasi MoU, TVRI Langsung On Kibarkan Co-Branding Wonderful Indonesia

TVRI mengaku siap mengibarkan brand Wonderful Indonesia lewat acara bertema pariwisata. Di antaranya, Jelajah Negeri, Kuliner, Kain Nusantara, dan program dokumenter wisata bertajuk Jalan-Jalan. (FOTO : net)

POJOKSATU.id, Jakarta – MoU Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF) di Balairung Soesilo Soedarman, kantor Kementerian Pariwisata di Jakarta, Kamis (10/8), langsung direspon cepat oleh TVRI. TVRI mengaku siap mengibarkan brand Wonderful Indonesia lewat acara bertema pariwisata. Di antaranya, Jelajah Negeri, Kuliner, Kain Nusantara, dan program dokumenter wisata bertajuk Jalan-Jalan.

“Kami siap mendukung Kemenpar dan akan segera menindaklanjuti MoU itu. TVRI sudah memiliki banyak acara dengan tema terkait pariwisata dari berbagai daerah. Beberapa acara bertema pariwisata di TVRI antara lain Jelajah Negeri, Kuliner, Kain Nusantara, dan program dokumenter wisata bertajuk Jalan-Jalan. Sehingga TVRI dapat mendukung kemajuan pariwisata Pesona Indonesia,” kata Arief Hidayat Thamrin, Ketua Dewan Pengawas TVRI.

Arief juga menambahkan, dengan memiliki 29 stasiun TVRI daerah di 29 kota dan memiliki 471 pemancar dan 4 kanal digital, TVRI dapat dinikmati secara gratis alias ‘Free to Air’ dengan jangkauan terluas. Jumlah pemirsanya pun cukup bisa diandalkan.


Dengan kekuatan tadi, TVRI siap menyajikan aneka informasi, promosi, dan berita terkait pariwisata untuk kebutuhan masyarakat Indonesia berwisata ke seluruh pelosok nusantara. “Kemenpar dan TVRI jadi bisa menjalin kerjasama untuk liputan bertemakan acara wisata nusantara, promosi pariwisata, dan program TV tentang aneka destinasi wisata Indonesia,” lanjut Arief.

Bahkan rencananya, TVRI akan berencana bekerjasama dengan APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) yang beranggotakan 400-an Kabupaten.  Artinya, Kabupaten juga bisa ikut didorong menyampaikan Pesona Indonesia dalam bentuk program TV.

“Pada prinsipnya kami senang bekerjasama dengan Kemenpar. Apalagi kami juga membutuhkan konten-konten untuk mengisi berbagai kanal digital dan program TV yang ada di TVRI. Konten Pesona Indonesia bisa dimasukkan sebagai bagian dari program news, dokumenter, dan seni-budaya. TVRI juga sudah membuat beberapa iklan layanan masyarakat bertema pariwisata. Dengan demikian TVRI dapat bekerjasama dengan Kemenpar untuk kepentingan promosi Pesona Indonesia/Wonderful Indonesia,” ujar Arief.

Sementara itu, bagi Kemenpar, kolaborasi dengan TVRI yang merupakan tindak lanjut dari penandatangan MoU ini adalah langkah yang sangat tepat untuk mempromosikan co-branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia.

“TVRI dipilih karena jangkauannya yang luas dan memiliki pangsa pemirsa yang besar, menjangkau 70% wilayah Indonesia, merupakan TV yang mempunyai jangkauan dan jumlah pemancar terbanyak dibandingkan TV swasta yang hanya fokus di kota-kota besar saja,” kata Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kemenpar yang didampingi Plt. Asdep Strategi Pemasaran Nusantara Hariyanto.