Komisi X Tinjau Langsung Kesiapan Sail Sabang 2017

Puluhan kapal yachts bakal menjelajahi eksotisme pulau-pulau Indonesia dalam Sail Indonesia 2017 yang sudah dimulai 28 Juli 2017. (FOTO : net)

POJOKSATU.id, Aceh – Dukungan positif diperlihatkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi X Republik Indonesia. Ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsya berharap pelaksanaan Sail Sabang 2017 berjalan sukses dan meriah. Hal tersebut ditegaskan Riefky saat memimpin rombongan, Senin 31 Juli 2017, dalam rangka kunjungan kerja Komisi X DPR RI ke Aceh.

Kunjungan kerja Komisi DPR RI bidang pendidikan, olahraga, kebudayaan, pariwisata dan perpustakaan nasional ini meninjau langsung kesiapan pergelaran Sail Sabang tahun 2017 yang akan berlangsung November hingga Desember 2017.

“Kita berharap kepada pemerintah dan semua pihak terkait, harus siap melaksanakan kegiatan Sail Sabang, karena Sail Sabang bukan hanya akan dinikmati masyarakat Kota Sabang dan sekitarnya, tapi nanti juga akan menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara yang akan hadir pada kegiatan tersebut,” jelas Riefky.


Lanjut Riefky, Sabang hingga saat ini masih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan nusantara (Wisnus) maupun Wisatawan Mancanegara (Wisman), karena itulah, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini meminta kepada penyelenggara terkait segera menyiapkan berbagai keperluan yang vital dan krusial menjelang pergelaran berlevel internasional itu.

“Agar segera menyiapkan segala keperluannya demi kelancaran acara yang akan berlangsung dalam waktu tidak lama lagi ini. Semoga pelaksanaannya nanti sukses tanpa ada halangan dan kendala apapun,” harap politisi asal Aceh itu.

Rombongan yang juga didampingi oleh pihak Kemenpar yakni Deputi Pemasaran Mancanegara I Gde Pitana dan Plt Asdep Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Hariyanto yang mewakili Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti.

Seperti diketahui, Menpar Arief Yahya menjelaskan sebentar lagi puluhan kapal yachts bakal menjelajahi eksotisme pulau-pulau Indonesia dalam Sail Indonesia 2017 yang sudah dimulai 28 Juli 2017.

Total, kata Arief Yahya, ada 85 Yacht yang akan bergabung terbagi dua start atau flag off dari Tual, Maluku sebanyak 56 kapal berangkat 28 Juli dan 29 kapal asal berbagai negara berangkat dari Darwin, Australia berangkat 29 Juli 2017, kemarin.

Bahkan di Darwin,  kapal yacht sudah resmi dilepas Penasehat Menteri Pariwisata Bidang Marine Tourism, Dr Marsetio. Nantinya rombongan dari Darwin dan Tual akan bertemu di Sail Sabang 2017, Aceh, pada 28 November 2017. Sementara puncaknya, akan digelar pada 2 Desember 2017 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).