Kepulauan Seribu, Labuan Bajo, dan Danau Toba, Menangkan Ajang Kemilau Indonesia Photo Contest

Kepulauan Seribu, Labuan Bajo, dan Danau Toba, Menangkan Ajang Kemilau Indonesia Photo Contest. (FOTO : net)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ajang Kemilau Indonesia Photo Contest (KIPC) 2017 sukses menjaring ratusan karya foto terbaik berlatar belakang panorama keren dari 10 Destinasi Prioritas. Hasilnya, tiga karya foto berlatar belakang Kepulauan Seribu, Labuan Bajo dan Danau Toba, menjadi pemenangnya.

Karya Sofyan Efendi bertema “Pesona Pulau Macan” di Kepulauan Seribu tampil sebagai juaranya. Gelar runner up disambar Ares Jonekson Saragi dengan tema “Damai di Danau Toba”. Sementara peringkat III dihuni Muhammad Aziz Rifai dengan tema”Indahnya Tanah Airku” yang menggambarkan golden sunset di Pulau Padar, Labuan Bajo.

Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara, mengapresiasi kesuksesan gelaran lomba foto yang mengangkat tema 10 Bali Baru tersebut. Dia mengatakan, ajang tersebut merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan 10 destinasi prioritas atau biasa disebut 10 Bali baru yang dicanangkan Kemenpar.


“Peran media dan para fotografer merupakan ujung tombak pariwisata Indonesia. Unsur Penthahelix ini menjadi bagian penting untuk memajukan Pariwisata termasuk 10 Bali Baru. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri karena gambar atau visual sangat berarti bagi Pariwisata,” ujar Ukus Kuswara, Kamis (11/5).

Daya tarik KIPC 2017 memang sangat tinggi. Seluruh 10 Bali Baru dieksplor, direkam, diabadikan dari berbagai angle. Panorama Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta serta Borobudur di Jawa Tengah, terlihat makin wow.

Teknik-teknik mumpun bercitarasa tinggi juga ikut menghiasi karya-karya foto berlatar belakang Kawasan Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur), Mandalika (Lombok), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara). Semua terlihat anggun di KIPC 2017. “Ini akan makin menaikkan pamor pariwisata Indonesia, juga menaikkan kepercayaan diri untuk berbuat yang lebih hebat lagi. Apalagi yang diabadikan adalah destinasi wisata yang world class semua,” kata Ukus.

Sementara itu, Ketua Forwapar Fatkhurrohim mengatakan, selama KIPC 2017 berlangsung, panitia berhasil menjaring 757 foto yang masuk melalui email yang disediakan. “Peserta rata-rata mengirimkan karya dengan latar 10 Bali Baru yang dipersyaratkan,” kata Fatkhurrohim.