Direktur IMI Fasilitasi Mahasiswa USNI Jakarta Kembangkan Drone

POJOKSATU.id, JAKARTA – Direktur Indonesia Maritime Institute Dr Yulian Paonganan siap memfasilitasi mahasiswa USNI Jakarta dalam rencana riset dan pengembangan drone di workshop unmanned Aerial Vehicle (UAV). Itu dipaparkannya ketika memberikan kuliah umum di di depan ratusan mahasiswa USNI Jakarta, Senin (13/3).

Dikatakan Ongen, perkembangan teknologi UAV atau Drone dewasa ini semakin maju baik untuk kepentingan militer maupun sipil. Penggunaannya sudah merambah ke berbagai bidang seperti pertanian, kehutanan hingga jasa deliveri barang.

Hal itu diutarakan Ongen saat memberikan kuliah umum yange bertema “Perkembangan Teknologi Drone Serta Pemanfaatanya”. Dalam kesempatan itu, Ongen juga menantang para mahasiswa USNI Jakarta menciptakan drone untuk berbagai keperluan, misalnya untuk riset bidang perikanan dan kelautan.

Hal ini mendapat respon positif para mahasiswa dan mereka bertekad untuk melalaksanakan riset dan pengembangan drone di kampus USNI Jakarta.

Ongen pun membuka peluang untuk mefasilitas para mahasiswa USNI untuk belajar dan melakukan riset di workshop UAV miliknya yang ada di Lembang, Jawa Barat.


Teknologi UAV sendiri sudah berkembang jauh sebelum perang dunia pertama untuk kepentingan militer dan terus mengalami perkembangan signifikan saat ini.

Istilah drone sendiri mulai digunakan oleh Angkatan Laut Inggris pada tahun 1936 saat mereka mengembangkan UAV DH.82B Queen Bee” (ratu lebah) tapi mereka menyebutnya Drone (lebah jantan). Istilah Drone akhirnya menjadi tenar untuk menyebut UAV. (sam/RMOL)