Begini Model Pendidikan Vokasi RI dan Taiwan

Program Vokasi UGM/Ist

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pendidikan vokasi mencetak para lulusan yang terampil dan siap terjun ke industri global. Pendidikan vokasi di Indonesia harus didukung penuh oleh kerjasama industri, pemerintah, dan akademisi. Seperti yang sudah dilakukan di negara tetangga, Taiwan.

Dekan Humanities & Applied Science, National Yunlin University of Science Technology, Mingchang Wu memaparkan keunggulan program pendidikan vokasi di Taiwan ada pada program dan sistem yang komprehensif.

Selain itu program yang adaptif dan memiliki banyak pilihan, serta kerja sama antara industri dan akademik.

Hasil yang terukur dan langsung dapat diaplikasikan serta memiliki banyak penghargaan di luar negeri. Terdapat tiga kunci pembangunan pendidikan vokasi di Taiwan, yaitu dukungan pemerintah, sistem edukasi yang terstandar dan sesuai dengan kebutuhan industri, serta jurusan yang lebih menekankan kepada iptek dan teknologi.


“Sistem edukasi kami, siswa sudah diajak untuk berpikir tentang rencana hidup mereka di tingkat SMP, sehingga tingkat pendaftaran sekolah vokasi di Taiwan cukup tinggi, karena anak-anak muda paham minat dan tujuan hidup mereka,” ujar Wu dalam keterangan tertulis Kantor Komunikasi dan Informasi Publik Universitas Indonesia (KIP UI).

Lebih lanjut, Wu menambahkan, Pemerintah juga memberikan dukungan dalam bentuk pendanaan, evaluasi kurikulum setiap 4 tahun sekali, pengembangan inkubasi bisnis, pusat-pusat vokasi regional, serta para pengajar yang mumpuni.