Penyerapan Minim, Baru Segini Anggaran KIP yang Dicairkan

Ilustrasi

Masalah juga terjadi di kawasan terluar, terdepan, dan tertinggal. Akses terhadap perbankan terbatas. Karena itu, pencairan jatah KIP dilakukan secara kolektif untuk memudahkan siswa.

Target utama Kemendikbud, uang yang tersimpan di kas negara bisa segera mengalir ke bank. Untuk urusan pencairan, siswa bisa mengaturnya sendiri. Apakah uang tersebut digunakan saat pergantian semester atau bahkan pergantian tahun pelajaran baru pada pertengahan 2017.

Uang KIP yang bisa disalurkan khusus untuk penerima yang update data sampai masa penutupan 30 September lalu. Yang belum update data sampai batas itu memang akan tetap dilayani. Namun, penyaluran uang KIP-nya baru bisa dilakukan tahun depan.

Pengamat pendidikan Indra Charismiadji menyambut baik perkembangan penyaluran dan pencairan KIP itu. Menurut dia, akan lebih baik jika Kemendikbud segera menyalurkan dana tersebut. ”Jangan menunggu semua siswa memegang KIP. Bisa tambah lama,” katanya.


Jika nanti ada laporan bahwa siswa yang mendapat KIP adalah anak orang kaya, penyaluran bisa diperbaiki pada tahun berikutnya. Menurut Indra, semakin lama menunggu pencairan dana KIP bisa merugikan anak-anak yang berhak mendapatkannya. Dia berharap tahun depan pencairan anggaran KIP bisa tepat waktu. Yakni, tepat pada masa pendaftaran siswa baru. Hal itu sesuai dengan tujuan KIP, yakni mencegah siswa putus sekolah.

(wan/c11/ca)