Universitas Trisakti Mau Dinegerikan?

Menristek Dikti, Muhammad Nasir
Menristek Dikti, Muhammad Nasir

POJOKSATU.id, JAKARTA – Meski dinilai tidak mudah, namun opsi untuk menegerikan Universitas Trisakti sempat ditawarkan oleh pihak universitas. Hal itu diusulkan terkait masalah yang kembali terjadi antara pihak Yayasan dan universitas, terkait penunjukkan rektor baru.

Alasan pihak universitas meminta agar Universitas Trisakti dijadikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) karena aset yang dimiliki adalah milik negara.

Menanggapi usulan tersebut, dalam diskusi yang dilakukan oleh pihak Universitas Trisakti (Usakti) dengan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir beberapa waktu lalu memberikan dua pilihan yang bisa diambil oleh Usakti.

Pertama, jika ingin menjadi PTN maka kampus tersebut harus memenuhi prosedur yang sudah ditetapkan. Salah satunya pada penetapan biaya kuliah yang sama dengan PTN lainnya. Namun, sebagai PTS, Trisakti harus bersedia untuk dikelola oleh Yayasan.


Sementara itu, Pengamat Pendidikan, Darmaningtyas mengatakan, selain pilihan itu tidak gampang untuk dilaksanakan, PTN di wilayah Jawa juga sudah banyak sekali.

BACA: Dua Solusi untuk Kisruh Universitas Trisakti, Bersatu atau Bubar!

“Kalau mau mendirikan PTN, ada baiknya di luar Jawa, karena di Jawa sendiri sudah banyak jumlah PTN-nya,” ungkapnya, Jumat (26/8).

Sebelumnya diberitakan, pada 24  Agustus lalu, kampus Universitas Trisakti menjadi rusuh lantaran ada sejumlah preman yang masuk kampus. Sementara mahasiswa menuntut pihak yayasan untuk tidak melantik rektor yang baru, karena dianggap tidak pemilihannya melanggar prosedur. Sebenarnya, konflik antara yayasan dan universitas sudah terjadi sejak 14 tahun silam, dan kembali memanas dua hari lalu.

Sejauh ini, upaya mediasi sudah dilakukan Presiden Mahasiswa Universias Trisakti, Abdul Kader dengan mempertemukan pihak yayasan, kampus, Kemristekdikti, Kemenkumham, Komnas HAM, Komisi X DPR RI, dan mahasiswa untuk penyelesaian konflik.

BACA JUGA: Ini Dia 75 Preman Rusuh di Kampus Trisakti, Berapa Bayarannya?

(ril/pojoksatu)