Prodi Dokter Paling Diminati di Unair

Universitas Airlangga (Unair)
Universitas Airlangga (Unair)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menyebutkan jika program studi (prodi) Pendidikan Dokter menjadi yang paling diminati pada penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri.

Rektor Unair Prof. Dr. M. Nasih menyebutkan, hingga Selasa (12/7) siang, jumlah peminat jalur mandiri Unair mencapai 8.868 orang. Dari jumlah tersebut, yang mendaftar ke prodi Pendidikan Dokter mencapai 2.161 orang.

“Sementara kuota yang kita punya hanya 75 kursi saja,” tuturnya.

Dirinya menuturkan, untuk kelompok IPS, prodi favorit tujuan mahasiswa mendaftar adalah Akutansi. Berdasarkan data yang ada, prodi ini diminati oleh 548 orang dengan kuota hanya 87 orang.


“Melihat hal ini, kita punya kebijakan khusus. Kita akan memperpanjang masa pendaftaran bagi proi-prodi yang kurang diminati calon mahasiswa baru, salah satunya Ilmu Sejarah,” paparnya.

Disebutkan M. Nasih, pada penerimaan calon mahasiswa jalur mandiri, Unair juga menerapkan program Bidikmisi. Pendaftaran untuk jalur ini, dapat dilakukan mulai tanggal 12 Juli hingga 19 Juli 2016.

“Di tanggal tersebut juga kita akan lakukan verifikasi dan pengumuman lolos verifikasi pendaftaran. Bagi peserta yang tidak lolos, kita berikan waktu perbaikan hingga 21 Juli 2016 sampai pukul 15.00 WIB,” paparnya.

Nanti jika sudah terdaftar, para peserta akan menjalani tes pada 24 Juli 2016. Pelaksanaan ujian dilakukan secara PBT yang meliputi tes potensi akademik serta prestasi akademik.

“Hasil seleksi akan kita umumkan pada 26 Juli 2016. Selanjutnya calon mahasiswa akan melakukan registrasi pada 2-3 Agustus 2016,” tandasnya.

(zul/pojoksatu)