Bukan Hanya Mendikbud, Menristekdikti Juga Rela Anggarannya Dipotong

menristekdikti Nasir
menristekdikti Nasir

POJOKSATU.id, JAKARTA – Penghematan terhadap penggunaan anggaran di kemeterian kabinet Jokowi bukan hanya wacana. Sau persatu kementerian rela anggarannya dipotong.

Setelah Kemndikbud Anies Baswedan, kini giliran Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) yang mau anggarannya dipangkas sebesar Rp1,9 triliun.

Menurut Menristekdikti, M. Nasir, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 Kemristekdikti pada awalnya yakni Rp40,6 triliun.

“Penghematan diambil dari program peningkatan kualitas sumber daya iptek dikti pada anggaran sarana dan prasarana perguruan tinggi negeri (PTN) sebesar Rp1,8 triliun dan semua program fungsi pendidikan pada anggaran tugas dan fungsi lainnya (pendukung) sebesar Rp153,2 miliar,” kata Nasir.


Perkembangan lainnya, kata Nasir, sesuai dengan Surat Menkeu Nomor S-407/MK.02/2016, ada penambahan sebesar Rp81,2 miliar.

“Dalam hal ini karena ada penambahan kami prioritaskan dalam beasiswa, yakni untuk PPA. Dalam PPA, ada penambahan sekira 11.905 mahasiswa,” tanmbahnya.

(rfa/ril/PS)