Beasiswa ADB-JSP Tawarkan 10 Negara Ini jadi Tempat Belajar Pascasarjana, Mau?

4.000 Beasiswa Telah Disiapakan Pemerintah RI
4.000 Beasiswa Telah Disiapakan Pemerintah RI

POJOKSATU.id, JAKARTA – Belajar di luar egeri menjadi impian banyak orang. Meski tidak semua lulusan perguruan inggi dalam negeri punya cita-cita itu.

Khusus untuk kamu yang memang sedari dulu berencana mau kuliah di luar negeri, ini ada program beasiswa Asian Development Bank-Japan Scholarship Program (ADB-JSP).

Beasiswa ini memberi kesempatan khusus untuk calon mahasiswa pascasarjana. Ada 10 negera yang bisa dipilih oleh calon penerima beasiswa untuk tempat studi mereka.

Untuk pelamar dari kawasan Asia bisa memilih Jepang, Australia, Hong Kong (China), India, Selandia Baru, Amerika Serikat, Pakistan, Filipina, Singapura, atau Thaliand sebagai tempat kuliah. Akan ada 300 beasiswa berdurasi satu hingga dua tahun yang bisa diperebutkan.


Adapun item-item yang ditanggung beasiswa ini antara lain biaya kuliah penuh, tunjangan perumahan hingga uang saku bulanan. Program beasiswa terbuka untuk pelamar program magister maupun doktoral.

Untuk jurusan, para pelamar bisa memilih sejumlah jurusan yang berkaitan dengan ekonomi, manajemen, lingkungan, dan teknologi, serta jurusan yang berhubungan dengan pembangunan juga bisa menjadi pilihan.

Informasi lengkap bisa disimak di laman Asian Development Bank.

(afr/ril/PS)