Waduh, Puluhan SD di Kota Ini Tanpa Kepala Sekolah

full day school
ilustrasi

POJOKSATU.id, BEKASI – Kekosongan pososo kepala sekolah terjadi di puluhan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Bekasi. Hal ini disebabkan banyaknya para guru yang sebelumnya menjabat, sudah memasuki usia pensiun dan beberapa di antaranya sakit dan meninggal dunia.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Bekasi, ada 23 dari 441 SDN tidak memiliki kepala sekolah. Saat ini, puluhan sekolah tersebut dipimpin seorang pelaksana tugas (plt).

“Untuk tetap berjalan kegiatan belajar sekolah, kami sudah tunjuk plt sebagai pimpinan sekolah setempat untuk sementara waktu,” kata Kepala Bidang Bina Program Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Agus Enap, Selasa (3/5/2016).

Plt yang ditunjuk kata Agus merupakan pegawai di sekolah tersebut. Mereka bisa merupakan Pengawas Sekolah atau Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.


“Penunjukkan Plt kami lakukan agar perencanaan dan pengawasan program serta evaluasi sekolah tetap bisa berjalan. Dan tugas itu, untuk memajukan siswa dan sekolah setempat bisa terwujud,” jelasnya.

Kosongnya kursi kepsek SD di wilayah Kota Bekasi kata Agus sudah terjadi sejak awal tahun ini. Pihaknya pun telah membuka seleksi penerimaan kepsek baru guna mengisi kekosongan tersebut.

“Sudah ada 33 guru yang mendaftar untuk ikut seleksi menjadi kepsek. Dan telah mengikuti proses seleksi sejak dua pekan lalu, dan hari Rabu (4/5) besok, hasil seleksinya akan diumumkan,” jelasnya.

(rfa/ril/PS)