Rektor UII Galakan Pendidikan Arsitek yang Profesional

Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta,
Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta,

POJOKSAT.id, YOGYAKARTA- Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Dr Harsoyo, menyebutkan jika bangsa ini membutuhkan semakin banyak tenaga ahli di bidang konstruksi yang profesional. Olehkarenanya, pihaknya terus mengembangkan Pendidikan Profesi Arsitek.

“UII menjadi pionir lembaga pendidikan di DIY dan Indonesia yang mula-mula menjalankan pendidikan profesi bagi arsitek”, ujarnya, dalam acara Pengambilan Sumpah Profesi Arsitek Angkatan III yang digelar oleh Pendidikan Profesi Arsitek UII di Gedung FTSP UII, Senin (11/4/2016).

Menurutnya, pendidikan profesi arsitek sangat relevan untuk mendorong daya saing arsitek Indonesia di kancah global. Sebab ke depan, hanya arsitek yang memiliki lisensi dan sertifikasi profesi yang karyanya dapat diakui secara kredibel di kalangan jasa konstruksi.

“saat ini rasio insinyur berbanding satu juta penduduk di Indonesia masih rendah, hanya 2.671 insinyur terhadap satu juta penduduk. Sedangkan Korea punya 25 ribu insinyur per satu juta penduduk, Malaysia 3.333 insinyur, dan Tiongkok 5.000 insinyur. Oleh karena itu, pendidikan untuk mencetak sarjana dan ahli konstruksi harus terus didorong,” ujarnya, dalam siaran persnya.

(Sikah/Pojoksatu)