Agar Lolos, Pahami 3 Prioritas Beasiswa LPDP!

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)
Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

POJOKSATU.id, JAKARTA- 5.000 beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun ini siap disediakn untuk para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi master atau doktor, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Sebagai beasiswa yang dibiayai oleh negara, LPDP memiliki program studi prioritas untuk mendukung kebutuhan pemerintah. Sehingga, pelamar diimbau untuk mendaftar program studi tersebut untuk memperbesar peluang lolos seleksi.

“Prioritas terbagi menjadi tiga. Prioritas pertama mencakup teknik, sains, pertanian, dan kedokteran atau kesehatan. Prioritas kedua meliputi akuntansi atau keuangan, hukum, pendidikan, dan agama. Sedangkan prioritas ketiga terdiri dari ekonomi, sosial, budaya, seni, atau bahasa,” ucap Direktur Utama LPDP, Eko Prasetyo.

Eko menjelaskan, pelamar bidang lain selain tiga prioritas tersebut bukan berarti tidak memiliki kesempatan untuk lolos seleksi beasiswa LPDP. Sebab, beberapa pilihan tema prioritas yang bisa diajukan dalam esai, penelitian, proposal tesis atau disertasi.


“Misalnya mengambil bidang komunikasi yang tidak masuk program studi prioritas, tetapi mengambil tema penelitian tentang kemaritiman yang menjadi salah satu tema prioritas. Jadi dasarnya tetap komunikasi tetapi dihubungkan dengan kemaritiman dan hasilnya juga untuk peningkatan dalam bidang kemaritiman,” terangnya

Ke-14 tema prioritas tersebut meliputi kemaritiman, perikanan, ketahanan energi, ketahanan pangan, teknologi transportasi, teknologi pertahanan dan keamanan, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi kedokteran dan kesehatan, hukum bisnis internasional, keperawatan, industri kreatif, manajemen pendidikan, lingkungan hidup, serta ekonomi atau keuangan syariah.

(Sikah/Pojoksatu)