3 Tahapan Seleksi SNMPTN 2016

ilustrasi tes snmptn/sbmptn
ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) selama ini menjadi salah satu jalur paling efektif dan jalur favorit bagi calon mahasiswa untuk bisa diterima di PTN idaman. Sebab, jalur tersebut mampu menampung hingga 50 persen dari kuota mahasiswa PTN.

Namun, faktanya jalur SNMPTN adalah jalur paling sulit untuk terdaftar masuk sebagai mahasiswa di PTN favorit. Sebab, para siswa harus bersaing dengan siswa dari sekolah lain, bahkan siswa dari luar wilayah.

Meski begitu, jangan khawatir. Lakukanlah SNMPTN 2016 dengan penuh persiapan matang. Berikut 3 tahapan seleksi masuk SNMPTN 2016 sebagaimana dilansir dari laman SNMPTN 2016.

1. Siswa pendaftar akan diseleksi di PTN pilihan pertama yang diurutkan berdasarkan pilihan program studi yang dipilih.


2. Untuk siswa yang mendaftar pada dua PTN, jika siswa tersebut dinyatakan tidak lulus pada PTN pertama, maka siswa tersebut bisa mengikuti seleksi pada PTN kedua berdasarkan pilihan program studi yang dipilih dan ketersediaan quota penerimaan.

3. Penerimaan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

– Siswa pendaftar telah dinyatakan lulus oleh satuan pendidikan terkait.
– Siswa pendaftar telah dinyatakan lulus ujian SNMPTN.
– Siswa pendaftar telah dinyatakan lulus verifikasi data serta memenuhi persyaratan lain yang telah ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi pilihan.

Itulah  3 tahapan seleksi masuk SNMPTN 2016 sebagaimana dilansir dari laman SNMPTN 2016.

(zul/pojoksatu)