Gaji Kecil, Guru PAUD Minim Perhatian

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Rendahnya gaji guru PAUD di sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur sudah menjadi rahasia umum. Kondisi tersebut diakui Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Jumati mengaku, pihaknya sangat prihatin dengan kondisi kesejahteraan para guru PAUD. Bahkan, ada sebagian dari mereka yang mengajar hanya mengandalkan keikhlasan alias tanpa dibayar sama sekali.
“Kondisi itu memang sangat Ironis. Sehingga tidak sedikit guru PAUD yang menjalani kerja sampingan untuk menambah kebutuhan hidupnya,” katanya.

Dijelaskannya, berbagai upaya akan terus dilakukan Dinas Pendidikan terkait gaji guru PAUD, diantaranya melakukan koordinasi dengan pihak sekolah, dalam hal ini pengelola PAUD agar benar-benar memperhatikannya.

“Tujuannya adalah agar para guru PAUD mendapatkan gaji yang sesuai, dan mendapatkan THR pada waktu hari raya idul fitri,“
jelasnya.


Menurutnya, memberikan THR kepada para guru PAUD merupakan sesuatu yang sangat penting, agar para guru PAUD bisa bersemangat dalam bekerja. THR adalah salah satu cara untuk memotivasi guru-guru PAUD agar giat bekerja.

“Kemudian pihak sekolah jangan pelit memberikan sebuah penghargaan terhadap guru PAUD, baik kepada guru yang berprestasi maupun yang telah lama mengajar,“ ungkapnya.(riz/dep)