Ada 17 Ribu Sekolah Belum Teraliri Listrik, Menteri ESDM Terkejut

Sudirman Said

sudirmansaid

POJOKSATU – Data yang diperoleh Mendikbud Anies Baswedan, ada 17.520 sekolah yang belum teraliri listrik. Menteri ESDM Sudirman Said mengaku terkejut dengan data yang dibawa Anies. Dia memastikan akan mendukung rencana Anies untuk mengaliri seluruh sekolah dengan listrik. Minggu depan, rencananya tim task force melakukan pertemuan untuk membahas langkah-langkah awal.

Apalagi, di ibu kota atau kota-kota besar lainnya masih ada sekolah yang tanpa listrik. Dia berharap tim task force bisa memetakan dengan segara kondisi itu. Apakah benar-benar tidak ada listrik atau dicabut karena pembayarannya menunggak.

Dia menjelaskan, saat ini rasio elektrifikasi di Indonesia baru 84 persen. Program mengalirkan listrik ke sekolah akan dijadikan pintu masuk memperluas rasio elektrifikasi. ’’Di tempat yang terpencil, fasilitas pendidikan akan menjadi penghubung dalam pembangunan listrik selanjutnya,’’ ungkapnya.


Opsi pembangkit yang digunakan bermacam-macam. Bisa dengan energi baru terbarukan untuk di wilayah pelosok karena susahnya membangun pembangkit konvensioal. Untuk pendanaan, bisa dengan skema share dari Kemendikbud dan pemerintah daerah (Pemda). ’’Bisa juga meminta perusahaan tambang daerah untuk membantu,’’ katanya.

Lantaran baru melakukan pertemuan, mantan bos PT Pindad itu belum bisa memasang target atau kebutuhan dana. Menurutnya, semua akan terang setelah tim melakukan pertemuan dan melakukan verifikasi data. ’’Filosofinya, sekolah itu peradaban yang harusnya maju duluan. Kalau sekolahnya seperti itu, ya susah (untuk maju),’’ terangnya. (dim/fal/dep)