Ini Dia Pesaing Baru All New CBR150R, Dirilis 2016

Honda CBR150R dan Yamaha R15

POJOKSATU.id, JAKARTA – Tak mau ketinggalan dengan pesaingnya, All New CBR150R, Yamaha akan melncurkan Yamaha R15 Facelift 2016.

Sejak kemunculan All New Honda CBR150R, memang banyak konusmen yang menilai jika sosok motorsport kelas 150cc kepunyaan Yamaha, yakni R15 sudah ketinggalan jaman. Apalagi model Yamaha R15 di Indonesia merupakan mdoel yang sudah cukup lama malang melintang di India sejak tahun 2011.

Tak lain dan tak bukan, bahwa rilis terbaru dari tipe R15 ini untuk mendongkrak penjualan dan untuk menyaingi CBR150R. Dan untuk itu, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mesti melakukan perubahan total pada Yamaha R15. Apalagi motor terbaru Honda tersebut juga berpotensi besar terus menggerus pasaran R15 di Indonesia.

YIMM telah menyiapkan strategi khusus. YIMM memilih melakukan ‘minor change’ untuk rival dari CBR150R ini. Indikasinya dapat kita lihat dari kode Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) yang dilemparkan Yamaha ke Kementerian Perindustrian. Dengan kode produksi Yamaha 2PK, menunjukkan bahwa Yamaha R15 Facelift meluncur tak lama lagi. Hal ini merujuk pada kode produksi Yamaha R15 saat ini yang memiliki kode sama, 2PK.


Seperti dilansir dari semisema.com, Yamaha digadang-gadang bakal membawa kubikasi mesin yang lebih besar lagi atau bahkan ada yang menyebut membawa DOHC 150cc, justru banyak prediksi yang menyatakan Yamaha R15 hanya akan mengalami minor change. Perubahan tersebut hanyalah perubahan yang mencakup desain tampilan saja atau sekedar facelift. Lantas di bagian mesinnya, Yamaha R15 Facelift dikabarkan tetap membawa mesin yang sama yaitu mesin 150cc SOHC 4-klep 6-speed Liquid Cooled.

Rumor yang berkembang, Yamaha tengah menyiapkan platform mesin baru yaitu SOHC VVA atau mungkin juga mesin DOHC untuk kelas 150cc. Tetapi tampaknya, untuk mesin generasi terbaru tersebut sejauh ini masih dalam tahap pengembangan (development) dan belum diimplementasikan dalam waktu dekat. Sebaliknya Yamaha R15 dengan tampilan baru kemungkinan segera meluncur dalam waktu dekat.

(ril/PS)