Pendukung SBY Tantang Figur Lawan

Susilo Bambang Yudhoyono
Susilo Bambang Yudhoyono
Susilo Bambang Yudhoyono

POJOKSATU – Internal Partai Demokrat memanas menjelang kongres yang rencananya dilaksanakan pada Mei mendatang. Para pendukung Susilo Bambang Yudhoyono gerah atas desakan sejumlah pihak agar mantan presiden RI itu tidak kembali mencalonkan diri.

Wasekjen DPP Partai Demokrat Ramadhan Pohan menegaskan bahwa sejak awal SBY tidak mencalonkan diri sebagai ketua umum Demokrat. Yang bersangkutan juga tidak pernah meminta-minta struktur partai dari pusat hingga daerah untuk mengusung dirinya sebagai ketua umum lagi.

”Katanya Demokrat, kok nggak tahu bahwa di PD itu nggak ada istilah mencalonkan diri,” kata Ramadhan saat menyikapi aksi Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator (FKPD) yang mendesak SBY tidak mencalonkan diri lagi.

Dia juga menantang ditunjukkan sosok yang melampaui atau setidaknya menyamai kaliber, kapasitas, dan kompetensi SBY untuk memimpin Demokrat. ”Faktanya, kan nggak ada sosok itu. Hanya SBY yang menurut kami dari pusat sampai daerah mampu menjaga dan memenangkan Partai Demokrat pada 2019,” tuturnya.


Secara terpisah, salah seorang pendiri Partai Demokrat, Ahmad Mubarok, menampik bahwa ada sekelompok pendiri partai yang tidak ingin SBY kembali menjadi ketua umum. Menurut dia, SBY masih pantas memimpin karena merupakan sumber ide dan perekat kader. Yang membuat Mubarok tidak sreg adalah tindak tanduk pendukung SBY. Mereka membuat opini bahwa seluruh pengurus daerah 100 persen mendukung SBY dan menggiring pemilihan ketua umum akan berjalan secara aklamasi. (dyn/aph/c7/fat/dep)