Ribut Terus, Golkar bakal Berantakan

Golkar
Golkar
Golkar

POJOKSATU.id, JAKARTA – Jika terus ribut, masa depan Partai Golkar bakal berantakan. Para pemilih Golkar saat ini akan lari dan memilih parpol lain di pemilu nanti.

Demikian disampaikan pakar politik Universitas Indonesia, Prof Indria Samego, kepada Kantor Berita Politik RMOL beberapa saat lalu (Sabtu, 14/3).

“Sejak dulu saya mengingatkan bahwa kemenangan fungsionaris yang hanya mengejar posisi berbanding terbalik dengan kepercayaan masyarakat,” kata Indria Samego.

Menurut Indria, boleh saja elite-elite ini menang dalam perebutan puncak pimpinan Golkar. Namun publik akan melihat dengan ribut terus, maka Golkar tidak layak dipilih.


“Apalagi sekarang publik sudah punya banyak pilihan,” ungkap Indria.

Sementara analis politik Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Gun Gun Heryanto mengingatkan, dengan masih ribut-ribut seperti sekarang, maka akan ada dua kerugian besar yang diderita Golkar.

Pertama, persiapan Golkar menghadapi pilkada serentak akhir 2015 ini akan terganggu. Kalau masih ribut, bisa-bisa untuk pendaftaran calon saja tidak bisa.

“Kalaupun bisa daftar, konsolidasi untuk memenangkan calonnya akan sulit,” katanya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu malam (14/3).

Kedua, lanjutnya, konsolidasi untuk persiapan 2019 dan langkah strategis partai tak akan tercapai. Jika konflik sekarang tidak bisa diselesaikan, bisa-bisa sampai menjelang pemilu nanti Golkar masih ribut.

“Ini sangat disayangkan. Seharusnya sebanyak partai yang paling lama Golkar menjadi contoh yang memiliki manajemen pengelolaan konflik yang baik. Tapi konflik ini malah terjadi begitu lama dan tidak bisa diselesaikan,” tandasnya. (rmol)