Jokowi Dianggap Senang Zulkifli Pimpin PAN Ketimbang Hatta

135732_722890_zulkifli_hasan_jpnn

POJOKSATU- Pemerintah pasti punya kepentingan kepada partai politik. Pemerintah punya cara sendiri atau paling tidak, mengharapkan figur tertentu yang memimpin sebuah parpol.

Jelang Kongres PAN 2015, sudah ada tiga nama yang digadang-gadang maju sebagai calon ketua umum. Mereka adalah; Hatta Rajasa (incumbent), Zulkifli Hasan dan Drajad Wibowo.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr. Harmonis mengatakan, dari tiga nama tersebut, Presiden Joko Widodo sepertinya akan setuju dan lebih nyaman kalau Zulkifli Hasan yang saat ini sebagai Ketua MPR-RI, memimpin PAN.


Alasannya, peluang Zulkifli lebih besar dibanding Hatta dan Drajad. Zulkifli dikenal dekat dengan pendiri PAN Amien Rais dan dekat Muhammdiyah. Dan tidak kalah penting, Zulkifli telah berjasa, bisa menghadirkan Prabowo Subianto saat pelantikan Jokowi sebagai presiden beberapa waktu lalu.

“Dan ingat, Hatta Rajasa kan rival Jokowi di pilpres lalu. Namun begitu, Hatta juga masih kuat, banyak orang yang masih loyal ke dia,” kata Harmonis yang juga Sekjen Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), Jumat (26/12).

Harmonis menambahkan, alasan lain Jokowi mendukung Zulkifli adalah, selama ini Jokowi tidak pernah berseberangan dengan mentan menteri kehutanan itu. Dan ke depan, Jokowi bisa saja berharap kepada Zulkifli menjadi jembatannya ke Parlemen saat mengalami kebuntuan komunikasi.

“Kalau soal PAN merapat ke pemerintah, itu sangat sulit, karena ada sosok Pak Amien. Tapi itu bukan hal yang mustahil,” tandas Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Pascasarjana UMJ ini. (rus/rmo/jpnn)