Siang Jelang Sore Ini Tol Cipali Macet, Sudah Hampir Satu Jam Kendaraan Tidak Bergerak

tol cipali
Siang jelang sore ini, tol cipali di KM 60 macet karena banyaknya kendaraan para pemudik.

POJOKSATU.ID, PURWAKARTA – Situasi terkini pada arus mudik 2022, di gerbang tol Cikopo Purwakarta tampak lengang. Tidak ada penumpukan kendaraan maupun antrian para pemudik dari arah jakarta, yang mengarah ke jalur arteri.


Namun sebaliknya di jalur tol Cipali, kendaraan dari barat (Jakarta) yang menuju ke arah timur (Jateng – Jatim) tampak mulai tersendat.

Walaupun sudah diberlakukan One Way, diruas tol utama menuju ke arah timur tampak padat merayap. Bahkan sekali-kali kendraan tampak berhenti, karena padatnya kendaraan pemudik.


Hal ini seperti terpantau dari atas jembatan tol Cipali, yang tidak jauh dari gerbang tol Cikopo, kendaraan di ruas tol sebelah kiri dari arah jakarta tampak padat. Hingga stag, tidak bisa bergerak beberapa saat.

Bahkan kendaraan mulai tampak mengular diperkirakan lebih dari satu kilo meter, seperti yamg terlihat di KM 60 tol Cipali. Namun perlahan kendaraan mulai melaju perlahan, tidak lama kemudian berhenti kembali.

Berbanding terbalik dengan kendaraan yang berada di jalur kanan dari arah jakarta, kendaraan pemudik dipacu rata-rata diatas 60 KM per jam.

Hal ini mengindikasikan masih banyaknya pemudik yang bingung atas penerapan one way, sebagian kecil yang memgetahui penerapan One Way mereka mengambil jalur kanan.

Sementara bagi kebanyakan para pemudik yang tidak mengetahui penerapan one way, mereka memilih jalur sebelah kiri sehingga dampaknya terjadi kepadatan diruas tol Cipali jalur kiri dari arah jakarta.

Padahal baru saja bebrapa jam kondisi tol cipali ramai lancar, hingga siang tadi sekitar pukul 14.00 WIB, jalur tol Cipali di kedua sisi baik di kiri dan di kanan tampak normal ramai lancar.

Namun, pada pukul 14.30 terjadi kepadatan kendaraan pemudik hingga membuat kendaraan mengular, hingga macet berhenti total tidak bergerak beberapa saat.

Kemungkinan sore hingga dini hari nanti, akan terjadi puncak arus mudik hal ini berkaitan dengan informasi yang diterima oleh masyarakkat bahwa idul fitri jatuh pada hari senin. (Adw/pojokjabar)