Fakultas Farmasi UI Meledak, 14 Mahasiswa Jadi Korban

POJOKSATU.id, DEPOK – Ledakan di laboratorium Fakultas Farmasi Universitas Indonesia mengakibatkan 2 mahasiswa luka berat dan 12 lainnya luka ringan.

“12 korban sudah boleh dipulangkan dan yang dua luka berat belum boleh. Salah satu korbannya terkena pecahan kaca dibagian mata. Keduanya dirawat di RS Bunda Margonda,” kata Staf Humas Universitas Indonesia, Egi Etha Tarigan.

Egi Etha membenarkan, jika kasus ledakan Fakultas Farmasi UI terjadi saat mahasiswa itu melakukan praktikum kimia. Kejadian itu terjadi akibat human eror saat melakukan pemisahan zat kimia tersebut. Namun, ledakan tersebut langsung ditangani oleh tim pembimbing fakultas farmasi agar tak meluas.

Lebih lanjut, kata Egi, data yang mereka dapatkan 14 korban itu merupakan mahasiswa Fakultas Farmasi UI angkatan 2013. Dua korban luka berat bernama Delvika Yessi Chumala dan Citra Sari Purbandini yang dirawat di RS Bunda Margonda.


Sementara korban luka ringan, Dawami Arijan, Apriantika Sari, Chareza Lutfi Ramadhan, Della Syariyana, Chavella Avatar, Aulika Desthahrina Dareswara, AA Sagung W Kumala Dewi, Adam Arditya Fajriawan, dan Agung Kristiyanto, Arini Adriani, Andini Gahayati B R, serta Adhnina Fithra Azzahra.

“Mereka terkena sepihan kaca labu di bagian leher, wajah. Suara ledakannya cukup lumayan besar, tetapi tidak menghancurkan ruangan. Kami juga belum lapor polisi karena human eror,” jelasnya.

Ledakan terjadi saat 10 kelompok mahasiswa Fakultas Farmasi UI saat melakukan destilasi terhadap beberapa bahan kimia pada labu destilasi di Laboratorium Kimia Kualitatif Fakultas Farmasi UI. Labu yang berisi campuran asam, fenol dan alkohol 95 persen yang sedang dididihkan di atas kasa ashes dengan alat pemanas lupa diangkat salah satu kelompok mahasiswa Farmasi angkatan 2013 itu. Hingga akhirnya labu berisi cairan kimia tersebut meledak. Ledakan ini membuat geger mahasiswa di laboratorium tersebut. (indopos/ps)