Bus Terguling, 5 Orang Tewas

ilustrasi_tabrakan
ilustrasi_tabrakan

POJOKSATU- Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di ruas Tol Pejagan–Kanci Km 258. Sebanyak empat orang tewas akibat kecelakaan tunggal Bus Po Haryanto pada Selasa (13/1) malam, sekitar pukul 23.00 WIB.

Korban meninggal pun langsung dilarikan ke RSUD Brebes oleh pihak Satlantas Polres Brebes. Keempat korban meninggal di antaranya, Marhadi, 43, warga Kabupaten Jepara; Matroji, 53, warga Mampang Prapatan, Jakarta Selatan; Arif, 24, warga Tangerang; dan Ayu, 15, warga Pati.

Kepala Instalasi Kamar Jenazah RSUD Brebes Kasmuin menyebut,  pihak rumah sakit menerima korban kecelakaan sekitar pukul 01.00 WIB. Korban yang berjumlah empat orang itu sudah dalam kondisi tidak bernyawa. Mereka kemudian langsung dibawa ke Instalasi Kamar Jenazah, setelah sebelumnya diterima terlebih dulu di ruang IGD.

Kecelakaan terjadi akibat sopir bus tidak bisa mengendalikan laju kendaraan saat menghindari lubang jalan. Hujan yang terjadi pada saat kejadian, membuat bus oleng ke kiri, kemudian terguling ke dalam parit.


”Posisi bus terbalik. Bagian depan bus masih berada di bahu jalan dan bagian belakang di dalam parit. Penumpang yang tewas rata-rata akibat benturan keras,” ujarnya, didampingi Kanit Laka Satlantas Polres Brebes Iptu Heru Irawan.

Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), kecepatan bus diperkirakan antara 60 km/jam. Hal itu diketahui dari perhitungan titik bus saat menghindari jalan rusak hingga bus berhenti dengan posisi terguling. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, saat ini Satlantas Polres Brebes telah mengamankan sopir bus.

Dia menambahkan, dari hasil evaluasi, kondisi jalan di TKP keadaannya memang rusak dan licin. Dengan begitu, ketika hujan sangat rawan terjadi kecelakaan. Karena itu, pihaknya mengimbau kepada pengemudi agar saat melaju di jalan tol pada saat turun hujan untuk lebih berhati-hati.

”Kondisi jalannya memang ada yang rusak dan licin saat hujan, jadi harus hati-hati saat melintas,” imbau dia. (har/fat)