30 Keluarga Penumpang AirAsia Dites DNA

POJOKSATU- Sudah ada 93 keluarga yang sudah menyerahkan data antem mortem kepada petugas DVI Polda Jatim. Dari jumlah itu, sudah ada 30 orang yang diambil sampel DNA-nya.

Kabid Dokkes Kombespol Budiyono mengatakan dari data-data antem mortem yang sudah diserahkan, masih perlu didalami dan dilengkapi data-data yang belum sempat dibawa. Beberapa di antaranya adalah foto maupun medical record yang dijanjikan pihak keluarga.

“Rencananya akan diserahkan hari ini,” katanya dalam konferensi pers yang juga disiarkan televisi nasional, Rabu (31/12/2014).
Soal tes DNA, Budiyono menegaskan yang bisa diambil sampel adalah orang yang memiliki garis keturunan vertikal dengan korban. Dia menyebut, jika yang jadi korban adalah anak maka yang diambil sampel adalah orang tuanya. Begitu juga sebaliknya.

“DNA dianggap akurat kalau ada garis keturunan, garis vertikal tadi,” jelasnya.


Dia menyatakan tahap evakuasi mulai dari Pangkalan Bun ke Bandara Internasional Juanda dan langsung dibawa ke RS Bhayangkara. Polda Jatim sudah menyiapkan 150 lemari pendingin. “Juga ahli yang siap langsung melakukan pemeriksaan begitu jenazah datang,” katanya. (ps)