Pasar Klewer Solo Terbakar Hebat

SOLO – Kebakaran hebat melumat pusat sandang Pasar Klewer, Solo, Sabtu (27/12) malam, baru-baru ini. Kondisi semula yang biasanya sepi di malam hari mendadak mencekam setelah si jago merah membumbung tinggi di bagian atap pasar.

Belum diketahui penyebab kebakaran. Hingga berita ini diturunkan, api belum berhasil dipadamkan.

Angin yang besar menjadi kendala petugas menaklukkan si jago merah yang terus mengganas. Bukan itu saja, kerumunan warga di lokasi kejadi juga menyulitkan mobilisasi mobil pemadam.

Mobil pemadam kebakaran dari Sukoharjo dan Boyolali terus berusaha menjinakan si jago merah. Komandan damkar sukoharjo, saryanto, menyampaikan pihaknya mengirim dua unit damkar. Hujan pun mulai turun di kawasan itu.


“Kami dapat informasi pukul 08.23 langsung meluncur ke lokasi,” kata dia. Hanya saja dalam perjalanan menuju lokasi terhambat jalan raya yang padat. Lalu lintas menuju Solo dari Sukoharjo padat, pengguna jalan tidak mengindahkan sirine dari mobil damkar.

Petugas Damkar boyolali, Hengky Dwi Hascaryo, mengatakan Boyolali juga mengirim dua unit damkar dan sembilan personel. “Kami dapat info pukul 20.00 WIB, tapi baru tiba dilokasi sekitar pukul 09.40 WIB. Mulai dari Boyolali sampai lokasi macet. Apalagi sudah masuk Jl. Slamet Riyadi macetnya parah.”

Toni, pedagang di Pasar Cenderamata (utara Alun-Alun Utara Kota Solo), menggambarkan ekspresi para pedagang yang sudah pasrah.

“Teman-teman yang tidak bisa berbuat apa-apa selain meratapi nasib mereka. sebagiam dari mereka tahu kerugian di depan mata. Awalnya, sebagian pedagang lantai 2 bagian timur berusaha menyelamatkan barang dagangan. Namun kini, kawasan Pasar Klewer sudah steril dari para pedagang.”

Diperkirakan 700 kios rusak karena terbakar. Hingga pukul 00.00, hujan rintik tak bisa meluluhkan kobaran api.

(ris/jpnn)