Cilamaya Diprotes Pertamina, Dirjen: Itu Urusan Pak Jonan

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU – Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kemenperin, Imam Haryono mengaku lega proyek pembangunan Pelabuhan Cilamaya, di Karawang, Jawa Barat tidak jadi dibatalkan.

Sebab sebelumnya proyek tersebut diprotes Pertamina akibat mengganggu wilayah pengeboran milik BUMN migas itu. “Kalau masalah Pertamina itu urusan Pak Jonan (Menhub),” ujarnya.

Kemenperin, lanjut Imam, hanya sebagai instansi yang berada di pihak pengguna (user) karena proyek Pelahuhan Cilamaya sangat dinantikan oleh industri-industri yang berada di kawasan tersebut. Imam mengaku di wilayah tersebut banyak terdapat industri elektronik dan otomotif. “Sebagai user kami sangat mendukung proyek itu,” sebutnya.

Menurut Imam, dengan adanya Pelabuhan Cilamaya, ongkos transportasi atau logistik pabrik-pabrik di wilayah Karawang bisa terpangkas karena tidak perlu lagi menggunakan jalur darat.


Biasanya mereka harus mengalami kemacetan dan biaya tinggi untuk menuju pelabuhan Tanjung Priok. “Ongkos logistik mereka bisa turun 30 persen,” jelasnya. (mia/wir/end/dep)