SBY Sikap Hormat, Ani Tundukan Kepala

SBY dan Ani saat menghadiri pemakanan Lee Kwan Yew
SBY dan Ani saat menghadiri pemakanan Lee Kwan Yew
SBY dan Ani saat menghadiri pemakanan Lee Kwan Yew

POJOKSATU – Elite politik Indonesia menyatakan dukacita dengan mendatangi langsung persemayaman Lee di gedung parlemen Singapura kemarin. Misalnya, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarnoputri.

Pukul 12.45 waktu setempat, rombongan SBY datang. Rombongan tersebut terdiri atas sang istri Ani Yudhoyono, pengusaha Chairul Tanjung, serta mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Dino Patti Djalal. Rombongan disambut langsung oleh Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsieng Loong dan sang istri, Ho Ching. Mereka juga ditemani Menteri di Kantor Perdana Menteri Grace Fu Hai Yien.

Dalam kesempatan tersebut, hanya SBY dan sang istri yang diperbolehkan mendekat ke peti mati Lee. SBY melakukan sikap hormat, sedangkan Ani menundukkan kepala. Setelah itu, pasangan tersebut dikawal untuk naik ke podium tempat peti mati untuk melihat wajah Lee sebelum akhirnya keluar.

Sebelumnya, SBY mem-posting video ucapan belasungkawa atas kematian Lee. Dia menilai, Lee Kuan Yew adalah sosok pemimpin yang bisa membuat Singapura maju dan terus menjalin hubungan baik dengan Indonesia. ’’Saya turut berdukacita kepada keluarga, pemerintah, dan masyarakat Singapura,’’ ucapnya. (ap/bil/c5/kim/dep)