Johan Budi: KPK dan Presiden Cuma Bahas Pencegahan

Johan Budi SP
Johan Budi SP
Johan Budi SP

POJOKSATU – Pelaksana Tugas Wakil Ketua KPK, Johan Budi SP memastikan tidak ada pembahasan kasus korupsi dalam pertemuan KPK dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini. Pertemuan hanya membicarakan mengenai penyelamatan sumber dayaa alam.

“Tidak (ada pembicaraan kasus). Hanya soal itu saja (penyelamatan sumber daya alam,” ucap Johan di Istana Jakarta, Senin (16/3).

Untuk pembicaraan pemberantasan korupsi, Johan memperkirakan ada pertemuan khusus lagi antara KPK dengan Presidenan. “Kemungkinan tanggal 18 atau 19,” imbuhnya.

Jadi, yang dibahas pagi ini hanya pencegahan. Menurut Johan pencegahan ini juga sama pentingnya dengaan penindakan.


“Ini salah satu upaya pemberantasan korupsi adalah penindakan dan pencegahan yang dilakukan secara simultan dengan kecepatan yang sama. Saya kira kita sepakat akan hal itu. Jadi tidak ada yang dilebihkan jika pencegahan lebih didahulukan penindakan dibelakangkan, itu dua duanya penting bagi KPK,” tandasnya.

Dalam pertemuan itu, lanjut Johan, juga tidak ada pembicaraan mengenai rencana penerbitan Inpres pencegahan korupsi yang akan dikeluarkan Presiden Jokowi. Menurutnya, untuk pembahasan inpres itu dilakukan oleh tim KPK, bukan pimpinan.(wid/rmol/dep)