Jokowi Setuju Parpol Diberi Rp 1 Triliun, Ini Syaratnya

Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

POJOKSATU – Presiden Joko Widodo mengaku setuju dengan wacana pemerintah mensubsidi partai politik sebesar Rp 1 triliun. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

“Saya kira enggak ada masalah kalau ekonomi kita sudah sangat baik, kalau kemiskinan sudah bisa ditekan serendah-rendahnya, ekonomi baik, ya silakan,” kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Jumat (13/3).

Jokowi hanya menjawab singkat saat disinggung apakah kondisi ekonomi saat ini memungkinkan untuk mensubsidi partai sebesar Rp 1 triliun. “Ya, kamu sudah ngerti,” tambah mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi lantas mencontohkannya dengan angka kemiskinan di Indonesia. “Kemiskinan kita masih tinggi enggak yang 28 juta itu?” tegas mantan Walikota Solo itu.


Wacana subsidi sebesar Rp 1 triliun pada Parpol dilontarkan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Menurut Tjahjo, kurangnya dana menjadi penyebab penyelenggara negara yang berasal dari parpol melakukan korupsi. Sebab, selama ini kader partai harus menggunakan dana pribadi untuk berkampanye dan saat mencalonkan diri dalam pemilu. (gil/jpnn/dep)