JK: Pasar Klewer Harus Dibangun Lagi dalam Setahun

Wakil Presiden, Jusuf Kalla
Wakil Presiden, Jusuf Kalla

POJOKSATU- Wakil Presiden Jusuf Kalla mendadak meninjau Pasar yang terbakar Sabtu-Minggu (27-28/12/2014) lalu Klewer. Di Pasar Klewer Solo itu, JK meminta revitalisasi Pasar Klewer harus selesai dalam setahun.

Wapres JK pun menginstruksikan revitalisasi dibangun oleh pemerintah, bukan swasta.

JK datang ditemani Ibu Wapres Mufida Kalla, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa, dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Wakil Wali Kota (Wawali) Solo Achmad Purnomo. Mereka ke Pasar Klewer menggunakan bus TNI Angkatan Udara.

Rombongan itu tiba di lokasi bekas kebakaran sekitar pukul 17.45 WIB. JK menggunakan kemeja panjang berwarna putih langsung melihat puing-puing bangunan Pasar Klewer yang terbakar sejak Sabtu malam lalu itu.


JK tampak serius mendengarkan penjelasan dari Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Solo Subagiyo terkait kasus kebakaran hingga langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah kota (Pemkot) Solo.

JK juga sempat berbincang dengan sejumlah pedagang Pasar Klewer. JK bersama rombongan melakukan kunjungan ke Kota Solo secara singkat. Hanya sekitar 20 menit JK meninjau lokasi bekas kebakaran Pasar Klewer.

Pada kesempatan itu, JK menyampaikan Pemkot Solo dinilai sanggup untuk menyesaikan revitalisasi Pasar Klewer. JK meminta revitalisasi tanpa melibatkan pengembang selaku investor. “Saya sudah bicara dengan Bapak Wakil Wali Kota dan beliau menyanggupi,” kata JK. (ps)