Kebobrokan Indonesia Di Mata Susi Pudjiastuti

Menteri Susi Pudjiastuti
Menteri Susi Pudjiastuti

074345_56846_Susi_Pudjiastuti_DPD_dl

Pemerintah Indonesia masih lemah dalam mengawasi anggaran. Akibatnya uang negara sering bocor dan pembangunan terbengkalai.

Demikian disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, saat menghadiri Workshop Peningkatan Profesionalisme Auditor Intern Pemerintah di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (8/12).

“Kelemahan kita itu mengontrol dan memonitoring. Walaupun kita hebat men-develope (mengembangkan) atau membangun sesuatu, tapi maintenance-nya kurang,” kata Susi.


Makanya, Susi berharap internal auditor di semua instansi pemerintah bisa bekerja dengan baik. Juga harus independen tanpa disusupi kepentingan pihak manapun. Sebab internal auditor menjadi penentu apakah sistem yang dibangun dapat berlanjut atau tidak.

“Internal audit harus sudah masuk saat organisasi merencanakan aktivitas dan anggaran. Karena kalau tidak masuk di awal, maka anda tidak tidak tahu apa yang harus diawasi,” beber Susi.

Lebih lanjut, Susi pun ingin Indonesia meniru Korea Selatan karena semua instansi pemerintah negara ginseng itu membuka data dan peraturannya di website.

“Jadi lah Korea itu terkenal dengan negara antikorupsi. Ini kita harus lakukan juga di Indonesia. Memajukan negara tidak membutuhkan orang yang hebat. Tetapi butuh orang yang mengerti struktur dan punya komitmen terbuka,” demikian Susi. (zul/jpnn)