Polisi Bekuk Pelaku Perampokan Yang Sempat Sekap Pemilik Rumah

POJOKSATU.id, BANDUNG- Pelaku perampokan yang sempat melakukan penyekapan terhadap korbannya, berhasil diamankan polisi.


Pelaku atas nama Dandan Taufik Hidayat, melakukan aksinya pada tanggal 17 Desember 2018, dan sempat viral di media sosial tentang pelaku penyekapan.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema mengatakan,  pelaku ini sempat memukul korban dan menyekap korban saat korban beraksi.

“Korban atas nama Ruchijat Effendi, dipukul dibagian pundak sehingga korban tidak sadarkan diri, sementara istrinya Tatun, mengalami luka bekas ikatan,” jelasnya, Senin (7/1).


Pelaku Dandan ini, membawa barang-barang korban seperti 1 unit HP Samsung E7, 1 unit HP Samsung 86 , 1 unit Motor Nmax Hitam ,1 buah Tas berisi Perhiasan.

“Dari pengakuan tersangka, motifnya ekonomi sejauh ini,” paparnya.

Modus operandi Pelaku memasuki rumah korban dengan membawa senjata tajam selanjutnya masuk kedalam kamar dan membekap mengikat melakban korban lalu pelaku memukul bagian pundak hingga tidak sadarkan diri kemudian dililitkan ke kursi.

“Pelaku beraksi pukul 22.00 wib malam, apakah modus pelaku ini sering dilakukan masih kita dalami. Karena pengakuannya baru satu kali beraksi,” jelas Kapolrestabes Bandung.

Penangkapan terhadap Dandan sendiri, dilakukan jajaran Polrestabes Bandung, pada hari kamis 3 Januari 2019 lalu di kawasam Pangalengan.

“Usai beraksi, pelaku diam di kawasan Pangalengan Kabupaten Bandung. Kita lakukan pemantauan dan pelaku berhasil diamankan tanpa perlawanan,” jelasnya.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP M Rifai mengatakan masih mendalami aksi pelaku ini, apakah memiliki jaringan.

“Kalau modusnya rapih ya, dia mengikat, memukul korban lalu mengambil barang-barang korban. Sejauh ini masih mengaku beraksi sendiri,” papar Kasatreskrim.

Pasal yang diterapkan kepada pelaku yakni 365 ayat (1) dan ayat (2) ke 2 e KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

(Arf/pojoksatu)