Polda Metro Jaya Bekuk Sindikat Internasional Pembobol Tiket Singapure Airline

polda metrojaya rilis pelaku pembobol tiket singapure airlines

POJOKSATU.id, JAKARTA- Subdit 3 Resmob Polda Metro Jaya  membekuk 4 tersangka kasus tindak pidana pemalsuan data tiket (prime ticket) dengan situs resmi www.singapureair.com.


Keempat pelaku berinisial AH alias A (23), Ah alias H (19), RM alias R (21), dan H (29).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Argo Yuwono mengatakan, modus keempat tersangka itu berbeda- beda. Ada yang melakukan editing terkait promo dan memposting kembali di wabsite www.carousell.com dengan promo diskon 30 %.

“Namun ketika costumer sepakat dengan harga dari tersangka. Maka costuner membayar dengan melakukan remittence transfer ke Rekening tersangka AH alias H,” kata Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (10/12).


Tak sampai disitu, kata Argo, setelah pihak website Singapure Airline melakukan pencocokan data identitas penumpang dan nomor kartu kredit dengan nama bank yang dimasukkan tidak sesuai.

“Saat Singapure Airline melakukan penagihan kepada pihak bank nasabah yang bersangkutan tidak pernah merasa melakukan pemesanan ticket,” ungkap Argo.

Dari kejadian itu, pihak Singapure Airline mendapat kerugian 1 milyar rupiah.

Keempat tersangka dikenakan Pasal 378 KUHP dan atau pasal 362 KUHP dengan pidana penjara paling lama 4 tahun dan denda 2 milyar rupiah.

(fir/pojoksatu)