Penyebab dan Gejala, Serta Cara Meredakan Radang Tenggorokan

POJOKSATU.id – Radang Tenggorokan merupakan peradangan di tenggorokan yang dikarenakan adanya infeksi. Infeksi akan menyerang saluran tenggorokan dan biasanya bersifat akut.


Ketika seseorang mengalami radang tenggorokan maka akan mengalami susah menelan makanan karena tenggorokan terasa sakit.

Penularan radang tenggorokan dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita radang tenggorokan.


Kontak langsung yang dimaksud adalah aktivitas yang melibatkan air liur atau lendir, seperti berciuman, atau menggunakan sikat gigi yang terkontaminasi penderita radang tenggorokan.

Radang tenggorokan akan menyerang secara akut selama kurang lebih dua minggu, menyerang secara mendadak kemudian kan reda sendirinya.

Mengatasi radang tenggorokan sebenarnya tidak memerlukan obat-obatan khusus, penderita cukup memperbanyak minum air putih serta istirahat yang cukup.

Nah, apabila kamu sedang mengalami sakit yang berlebihan pada tenggorokan sebaiknya kamu konsultasi dengan dokter di sini. Sehingga konsultasi kondisi kesehatanmu semakin praktis dan cepat.

Penyebab Radang Tenggorokan

Umumnya radang tenggorokan akan ditandai dengan adanya sakit tenggorokan secara berlebihan. Gejala yang dirasakan ini biasanya disebabkan karena infeksi virus, dan infeksi bakteri.

Salah satu infeksi virus yang dapat menyebabkan radang tenggorokan yaitu infeksi virus corona.

Selain infeksi virus, dan bakter ada beberapa hal lainnya yang menjadi penyebab radang tenggorokan yaitu terpapar polusi udara, vaping, asap rokok, alergi, dan refluks asam lambung.

Komplikasi Kesehatan Karena Radang Tenggorokan

Apabila kamu terserang radang tenggorokan. Maka kemungkinan besar virus atau bakteri tersebut akan membuat komplikasi penyakit pada tubuh kamu, yaitu:

– Radang Ginjal atau Glomerulonefritis
– Infeksi Telinga
– Demam Rheumatik
– Sinusitis
– Sterptokokus toxic shock syndrome

Gejala Radang Tenggorokan

Agar radang tenggorokan kamu segera diatasi dan tidak menimbulkan komplikasi penyakit. Kamu perlu mengetahui gejala radang tenggorokan yang biasanya terjadi.

Berikut dibawah ini gejala-gejala radang tenggorokan, yaitu:

– Radang tenggorokan sering menyerang pada bagian faring atau bagian belakang tenggorokan atau disebut dengan kondisi faringitis.
– Adanya peradangan pada amandel atau tonsil yaitu organ di sekitar belakang tenggorokan
– Pembengkakkan kelenjar adenoid atau radang pada hidung
– Peradangan pada laryngitis atau pita suara, yang ditandai dengan suara serak
– Saat menelan tenggorokan terasa sakit
– Tenggorokan terasa kering
– Demam ringan yang tiba-tiba muncul
– Saat berbicara terasa tidak nyaman karena sakit
– Muncul batuk
– Sekitar leher muncul kelenjar getah bening

Peradangan pada tenggorokan ini umumnya akan membaik pada waktu 5 hingga 10 hari tanpa pengobatan. Namun apabila radang tenggorokan terus terjadi lebih dari 10 hari dan gejalanya makin parah maka harus langsung periksakan diri ke dokter.

Dan apabila gejalanya semakin parah seperti amandel bernanah, susah bernafas, sulit menelan, tidak bisa membuka mulut, nyeri telinga, bengkak pada leher dan wajah, liur berdarah atau berdahak, dan demam tinggi.

Kondisi tersebut sangat wajib untuk kamu segera pergi ke dokter, memeriksa kan diri dan meminta resep obat untuk memulihkan kondisi kamu.

Cara Meredakan Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan sebenarnya bisa diredakan ketika datang secara tiba-tiba. Salah satunya yaitu menghindari beberapa aktivitas yang bisa membuat radang tenggorokan semakin parah, salah satunya makan makanan berminyak, dan merokok.

Masih ada beberapa cara lagi untuk meredakan radang tenggorokan yang sedang kamu alami, yaitu:

a. Memperbanyak minum air putih

Cara pertama untuk meredakan radang tenggorokan yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Radang tenggorokan bisa terjadi karena kekurangan cairan atau dehidrasi.

Selain air putih kamu juga bisa minum teh chrysanthemum hangat atau yang lebih dikenal dengan campuran teh lemon dan madu. Campuran teh tersebut akan membuat kondisi tenggorokan kamu merasa lebih baik.

b. Mengonsumsi Makanan Lembut

Agar ketika radang tenggorokan menyerang kamu dapat mengonsumsi makanan dengan baik, kamu bisa mengonsumsi makanan lembut seperti sup, bubur ayam, nasi tim, dan pastikan makanan tersebut tidak panas. Makanan lembut tidak akan mengganggu atau memperparah radang tenggorokan kamu.

c. Berkumur-kumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam dipercaya dapat meredakan radang tenggorokan. Berkumurlah menggunakan air garam sekitar 2 sampai 3 hari sekali, yang diracik dengan takaran secangkir air putih dicampur dengan ΒΌ sendok garam.

Akan tetapi berkumur dengan air garam tidak boleh dilakukan untuk anak kecil yang belum bisa meludah.

d. Menghirup udara lembab

Ketika kamu mengalami radang tenggorokan kamu harus menghindari berlama-lama diruangan yang ber-AC, atau kamu bisa menggunakan humidifier atau pelembab udara.

Udara yang lembab akan membantu membersihkan cairan perdagangan dan lendir melalui saluran napas bagian atas.

e. Tidak Banyak Bersuara

Cara meredakan radang tenggorokan berikutnya dengan tidak menggunakan pita suara secara berlebihan. Oleh karenanya kamu harus mampu tidak banyak bersuara atau berbicara, kamu juga harus bisa menghindari bersuara keras, untuk meminimalkan penggunaan pita suara.

f. Stop Merokok

Rokok merupakan salah satu penyebab radang tenggorokan, karena infeksi asam rokok inilah seseorang akan terserang radang tenggorokan. Untuk meredakan radang tenggorokan kamu harus stop merokok.

Dengan berhenti merokok maka radang tenggorokan yang sedang kamu alami akan sembuh dengan waktu yang lebih cepat.

g. Istirahat yang Cukup

Meredakan radang tenggorokan berikutnya dengan cara beristirahat yang cukup. Istirahat yang cukup berfungsi untuk mengembalikan daya tubuh kamu, sehingga infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan dapat segera hilang dari tubuh.

Demikianlah informasi radang tenggorokan mulai dari penyebab, gejala, dan cara meredakannya. (adv/pojoksatu.id)