Kadinkes Kota Bogor Sebut Tak Hanya Covid-19, Penyakit Jantung Juga Belakangan Meningkat

Dinkes Kota Bogor memperingati HKN ke-57 di Puri Begawan, Jumat (10/12/2021).

POJOKBOGOR.com– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menyelenggarakan hari kesehatan nasional (HKN) ke 57 di Puri Begawan, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, dengan tema “Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku”, Jumat (11/12/2021).


Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan, 57 tahun bukanlah waktu yang singkat. Sangat banyak upaya kesehatan, pembangunan kesehatan, yang dilakukan terus menerus untuk mewujudkan Kota Bogor yang sehat.

Tema ini menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat indonesia yang secara bersama bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi pandemi, sehingga masyarakat dapat kembali beraktifitas bangkit dan produktif.


Namun sampai saat ini, lanjut Retno, ke depan masih banyak tantangan yang harus dihadapi bersama. Bukan hanya masalah pandemi covid 19, tetapi juga penyakit menular seperti TBC, HIV/AIDS.

Tak hanya penyakit, menular, menurut Retno, belakangan juga semakin meningkatnya penyakit generatif seperti hipertensi, jantung, kardiovaskuler, stroke, dan kanker. Dari semuanya di Kota Bogor sendiri angkanya semakin hari semakin meningkat.

Belum lagi, sebut dia, masalah status kekurangan gizi/stunting, vaksinasi, kesehatan lingkungan dan juga menurunkan angka ibu dan angka kematian bayi yang menjadi program prioritas nasional dan program prioritas Kota Bogor.

“Ditambah lagi pe’er kita ke depan dalam hal sanitasi dan kesehatan lingkungan,” ujarnya kepada pojokbogor.

Retno menambahkan pandemi covid-19 merupakan krisis kesehatan global yang tidak saja berdampak pada sektor kesehatan tetapi dalam semua aspek kesehidupan masyarakat.

Untuk diketahui, rangkaian hari kesehatan nasional ke 57 di kota Bogor telah dilaksanakan selama bulan november dengan rangkaian kegiatan yag dilaksanakan seluruh jajaran FASKES dan seluruh organisasi profesi kesehatan antara lain kegiatan edukasi berupa seminar, penyuluhan kesehatan, geber covid yang dilakukan di semua wilayah bersama sama dengan masyarakat dan semua elemen.

Kemudian juga dilakukan talkshow terkait dengan sehat dalam masa pandemi, cegah covid, cegah komorbid menang melawan covid.

Kemudian kegiatan lain yang juga dilakukan adalah pengabdian masyarakat pemberian sarana prokes secara langsung, donor darah, pencanagan komitmen cegah stunting.

Peringatan HKN ke 57 ini tentu merupakan momentum untuk kita bersyukur, karna saat ini, alhamdulillah situasi covid di kota bogor sudah cykup melandai jauh kasusnya dibandingkan dengan puncak kasus di bulan juli 2021. Bahkan 1 minggu ini kasus kita 0 tentu ke depannya harus kita pertahankan bersama.

(Adi/pojokbogor)